Enter your keyword

Mei 02, 2016

Sneak Peek: The Flower in Prison

Chingudeul, sebagai penonton kdrama, kita tau dong, betapa banyaknya drama yang rilis di Korsel sana. Nah, untuk bahan pertimbangan chingudeul sebelum menonton, kami akan membuat semacam review singkat dari dua episode awal drama yang kami tonton. Tapi tentu saja karena review kdrama biasanya bersifat subyektif, kami harap chingudeul jangan langsung memutuskan untuk nggak nonton kdrama tersebut setelah baca review-nya, soalnya masalah selera kan, berbeda-beda. Semoga postingan ini membantu, ya. Review ini akan berada pada label Sneak Peek.
The Flower in Prison

Episode pertama dibuka dengan adegan penggiringan 13 orang tahanan baru ke penjara Jeonokseo pada bulan Maret tahun 1540. Di antara ketiga belas orang itu, ada gisaeng dari Sosoru bernama Jung Nan Jung (diperankan Park Joo Mi), seorang ahli membaca nasib lewat wajah bernama Lee Ji Ham (diperankan Joo Jin Mo), dan Jun Woo Chi (diperankan Lee Se Chang).

The Flower in Prison

The Flower in Prison
Jung Nan Jung
The Flower in Prison
Lee Ji Ham
The Flower in Prison
Jun Woo Chi
Jung Nan Jung, sebagaimana sosok gisaeng yang sering ada di drama-drama sageuk, adalah perempuan dengan harga diri tinggi. Walaupun dipenjara, gerak-geriknya tetap anggun. Ia juga tak mau menunduk di depan kepala penjara. Ia bahkan berani menegur kepala penjara yang memukuli para tahanan dan mengatakan bahwa yang ia lakukan itu adalah perbuatan yang melanggar hukum.

The Flower in Prison

Keesokan harinya, bendahara penjara bernama Ji Chun Deuk (diperankan Jung Eun Pyo) menyatakan Jung Nan Jung bebas. Sebagai ucapan terima kasih, Jung Nan Jung mengajak Ji Chun Deuk berkunjung ke Sosoru nanti malam.
Sementara itu, di tempat lain, ada sepasang lelaki dan perempuan yang dikejar pasukan bersenjata. Tak jelas apakah hubungan kedua orang ini adalah suami istri atau nyonya dan majikan. Yang jelas, si perempuan sedang hamil tua.
Yang lelaki meminta si perempuan pergi sendirian ke kota, sementara ia menahan para pengejar.

The Flower in Prison

The Flower in Prison

Perempuan itu tiba di kota saat hari sudah malam. Para pengejar sempat menyerangnya, tapi ia berhasil kabur dan bertemu Ji Chun Deuk. Melihat keadaannya, Ji Chun Deuk yang pada dasarnya memang bukan orang yang tegaan, langsung membawanya ke Jeonokseo. Dengan dibantu salah satu tahanan perempuan yang dipanggil Dae Dong eomma, perempuan itu melahirkan bayi perempuan. Sayangnya, si ibu meninggal setelah melahirkan. 
Sementara itu, pasukan pengejar tadi menemui Yoon Won Hyung (diperankan Jung Joon Ho). Yoon Won Hyung ini adik ipar raja dan sepertinya berambisi menjadi raja. Mendengar kegagalan pasukannya, ia membunuh anak buahnya yang menjadi pemimpin dan memerintahkan pencarian sekali lagi. Kalau tidak berhasil, semuanya akan dibunuh. 

The Flower in Prison
Yoon Wo Hyung
Kepala penjara memerintahan Ji Chun Deuk mengubur jasad perempuan tadi di kuburan untuk tahanan, dan menyuruh Ji Chun Deuk membuang anak perempuan tadi. Tega nggak tega, Ji Chun Deuk membawa anak tadi ke kota dan meninggalkannya di depan salah satu rumah. Perbuatannya dilihat seorang anak cowok. Anak itu melapor ke kepala polisi. Kepala polisi sendiri yang datang ke penjara Jeonokseo untuk mengkonfirmasi kebenaran laporan itu. Akhirnya, Ji Chun Deuk mengakui bahwa itu anaknya dan sempat hilang saat ia bawa jalan-jalan.
Btw, anak cowok ini jangan-jangan Yoon Tae Won kecil, ya? :D

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison

Berhubung kepala penjara mendapat promosi dan akan dipindahkan tempat, satu-satunya orang yang tak menyetujui keberadaan anak itu akan pergi. Ji Chun Deuk berpikir untuk merawat dan membesarkan bayi perempuan yang kemudian diberi nama Ok Nyeon itu.
Lima belas tahun kemudian, Ok Nyeo tumbuh menjadi remaja yang cantik, periang, dan disukai semua orang di Jeonokseo.


Ok Nyeo remaja diperankan Kim Hye Jin ... eh ... maksudku, Jung Da Bin. Ok Nyeo belajar banyak hal di dalam penjara. Mulai dari memasak dan mencuci (diajarkan para wanita yang bekerja di sana), mencuri dompet (diajarkan para tahanan), dan belajar fisiognomi dari Lee Ji Ham.

The Flower in Prison

The Flower in Prison

Kemudian, datang berita buruk. Akan datang kepala penjara baru bernama Jung Dae Shik. Officer Lee Hyo Sung (diperankan Im Jung Hwa) memperingatkan Ji Chun Deuk bahwa kepala penjara yang baru pasti akan memeriksa keuangan. Padahal selama ini Ji Chun Deuk sering 'meminjam' uang kas untuk berjudi.
Ok Nyeo yang sensitif langsung tahu bahwa ayah tirinya itu punya masalah keuangan. Ia pun bersedia membantu. Dengan Jun Woo Chi sebagai kaki tangan, mereka berhasil mendapat 200Yang dengan cara menipu tahanan baru yang ditahan atas tuduhan selingkuh.

The Flower in Prison

The Flower in Prison
Lee Hyo Sung
Sebelum Jung Dae Shik tiba, penjara Jeonokseo kedatangan tahanan baru: kepala perompak dari gunung Daedeok. Kepala perompak itu akan dihukum penggal dalam waktu lima hari ke depan. Itulah pertama kalinya Ok Nyeo melihat seorang tahanan diperlakukan sedemikian rupa.
Kemudian, datanglah Jung Dae Shik (diperankan Choi Min Chul). Duh, bener deh chingudeul, aku susah melihat kepala penjara ini sebagai orang yang kejam. Lha wong aku pertama kenal Choi Min Chul di Oh My Ghost (-_-")
Jung Dae Shik berkeliling penjara. Melihat Ok Nyeo, dia berkata anak usia 15 tahun tidak boleh ada dalam penjara. Ok Nyeo diberi waktu 10 hari untuk meninggalkan Joenokseo.

The Flower in Prison

The Flower in Prison
Ok Nyeo - Yoo Geum
The Flower in Prison

The Flower in Prison
Jung Dae Shik
Belum selesai segala hehebohan itu, datang lagi berita kalau Yoon Won Hyung mau berkunjung ke Jeonokseo. Jung Dae Shik langsung mengumpulkan semua tahanan dan mengancam mereka, jangan sampai ada yang mengeluh kekurangan pangan atau segala macam. Lee Ji Ham menolak. Akibatnya, Jung Dae Shik memukulinya.
Eh, ternyata Yoon Won Hyung sengaja datang ke Jeonokseo karena mendengar kabar kehebatan Lee Ji Ham dalam membaca nasib lewat wajah. Jadilah Jung Dae Shik memohon-mohon supaya Lee Ji Ham jangan kasih tahu kenapa dia babak belur.
Di hadapan Yoon Won Hyung, Lee Ji Ham berkata bahwa ada yang lebih hebat dalam membaca wajah, yaitu Ok Nyeo. Ok Nyeo pun dipanggil.

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison

Yoon Won Hyung senang dengan ramalan Ok Nyeo yang bagus. Sebetulnya, Ok Nyeo melihat bahwa akhir hidup Yoon Won Hyung akan menderita. Ia akan mati dibunuh. Seluruh keluarganya juga. Tapi tentu saja Ok Nyeo tidak mengatakan bagian itu.
Karena Yoon Won Hyung senang dengan ramalan Ok Nyeo, Jung Dae Shik membatalkan pengusirannya. Ok Nyeo boleh tinggal di Jeonokseo, selamanya bahkan kalau dia mau.
Sementara itu, masalah utang Ji Chun Deuk belum selesai. Masih ada sisa 300Yang yang harus dibayar. Tapi Ji Chun Deuk tak mau menyusahkan Ok Nyeo lagi. Ia memutuskan meminjam uang pada Kang Man Bo. Kang Man Bo bisa dibilang bos penjahat banget. Daerah kekuasaannya meliputi banyak tempat.
Kang Man Bo bersedia meminjami uang dengan balasan satu permintaannya, apa pun itu, harus dikabulkan. Ji Chun Deuk setuju.

The Flower in Prison
Kang Man Bo
The Flower in Prison

Masalah utang Ji Chun Deuk beres, muncul masalah baru. Permintaan Kang Man Bo adalah: dibebaskan. Tentu aja Ji Chun Deuk nggak bisa melakukannya.
Di tempat lain, saat Ok Nyeo melintas di depan sel perompak dari Gunung Daedeok tadi, ia dimintai tolong menyampaikan surat pada orang bermata satu di dermaga kecil di Samgae. Surat itu berhasil disampaikan. Tapi baru saja Ok Nyeo pergi, sepasukan tentara mendatangi dermaga itu dan membunuh banyak orang, termasuk orang bermata satu tadi. Itu pertama kalinya Ok Nyeo melihat pembantaian terjadi di depan matanya.
Apalagi saat ia memberitahukan kejadian itu pada si kepala perompak, reaksi kepala perompak yang menunjukkan keputusasaan dan kesedihan luar biasa, membuat Ok Nyeo ikut murung.

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison

Keesokan paginya, Ok Nyeo dipanggil ke istana. Jung Nan Jung yang kini menjadi selir Yoon Won Hyung, terkesan dengan cerita suaminya tentang Ok Nyeo. Ia pun minta diramal. Seperti biasa, yang dikatakan Ok Nyeo hanya yang manis-manis saja. Saat itu, datang Yoon Shin Hye, anak Jung Nan Jung yang seumuran Ok Nyeo.
Ia mencela Ok Nyeo dan mengatakan tak percaya ramalan.

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison
Yoon Shin Hye
The Flower in Prison

Selesai meramal, Ok Nyeo dipakaikan hanbok sutra oleh Jung Nan Jung sebagai tanda terima kasih. Eh, begitu dia keluar istana, dia langsung diculik segerombolan orang yang ternyata anak buah kepala perompak dari Gunung Daedeok.
Karena berpikir akan dibunuh bila mengatakan yang sebenarnya, Ok Nyeo berpura-pura sebagai Shin Hye.
Di penjara Jeonokseo, Ji Chun Deuk khawatir karena Ok Nyeo tak kunjung kembali. Ia pun menyusul. Saat sedang berbincang dengan Yoon Wo Hyung, seseorang menembakkan panah yang ditempeli surat ke arah mereka. Isinya, Yoon Wo Hyung harus melepaskan kepala perompak dari penjara. Kalau tidak, anaknya akan dibunuh.
Tadinya, Yoon Wo Hyung sempat panik. Tapi setelah mengetahui bahwa yang diculik adalah Ok Nye, ia langsung tak peduli. Bahkan berkata kalau hukuman pancung akan dimajukan menjadi besok sore.

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison

Dengan panik, Ji Chun Deuk meminta bantuan Jun Woo Chi mencari apakah di antara para tahanan ada yang tahu tempat persembunyian para perompak itu.
Keesokan harinya, Yoon Wo Hyung mengumumkan hukuman pancung dan langsung mengeksekusi saat itu juga. Anak buah kepala perompak marah dan bergegas kembali ke markas mereka untuk membunuh Ok Nyeo. Saat diikat di tiang, Ok Nyeo mengakui semuanya. Tapi percuma. Para perompak sudah memutuskan akan memancung dia.
Tepat saat itu, algojonya terpanah. Pasukan kerajaan datang tepat waktu. Ok Nyeo selamat. Walaupun begitu, pembantaian yang ia lihat untuk kedua kalinya membuatnya menangis.

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison

Di istana, Yoon Won Hyung dan Jung Nam Jung bersikap seakan-akan Ok Nyeo selamat berkat mereka, padahal Ok Nyeo tahu yang sebenarnya dari ayah tirinya. Sepertinya terjadi pergolakan batin dalam diri Ok Nyeo. Ia mengurung diri di sel kosong seperti yang selalu ia lakukan tiap kali butuh tempat berpikir.

The Flower in Prison

The Flower in Prison

Keesokan harinya, ada tahanan baru bernama Yoon Tae Won (diperankan Go Soo). Yoon Tae Won meminta tolong Ok Nyeo mencari cara supaya ia bisa dipindahkan ke sel Kang Man Bo. Mengingat kesulitan yang ditimbulkan Kan Man Bo pada ayah tirinya, akhirnya Ok Nyeo setuju. Alih-alih meminta uang sebagai imbalan, Ok Nyeo meminta Yoon Tae Won melakukan sesuatu dan membisikkannya ke telinga Yoon Tae Won.

The Flower in Prison
Yoon Tae Won
The Flower in Prison

Ok Nyeo berhasil menukar Yoon Tae Won dengan seseorang, sehingga ia bisa masuk satu sel dengan Kang Man Bo. Sementara itu, Ok Nyeo mengadu pada Jung Dae Shik bahwa di Jeonokseo ada pem-bully. Jung Dae Shik pun memburu masuk ke sel Kang Man Bo dan memukulinya hingga berdarah-darah.
Setelah ia pergi, Kang Man Do bersumpah akan membunuh Jung Dae Shik.
Malam harinya, ada yang menekan dada Kang Man Do dengan jempol. Kang Man Do terkesiap bangun, tapi mulutnya sudah dibekap, lalu lehernya ditotok.

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison

Belum diketahui bagaimana nasib Kang Man Bo, karena keesokan harinya Yoon Tae Won dibebaskan. Ia bertemu Ok Nyeo di halaman dan berkata Ok Nyeo bisa menemuinya kapan pun ia pergi ke dermaga Samgae. Ia juga memberi tahu namanya.
Dan itulah ending episode dua.
Tentu saja karena ini sageuk dengan total episode 50, ada banyak misteri yang menunggu diungkap. Salah satunya: kenapa ibu Ok Nyeo punya tusuk konde yang sama dengan permaisuri Moonjung yang merupakan kakak kandung Yoon Won Hyung?

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison

The Flower in Prison tayang di MBC setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 21.45 KST, mulai tanggal 30 April 2016.

- Della -

1 komentar: