Enter your keyword

Juni 22, 2016

Sneak Peek: Beautiful Mind

Chingudeul, sebagai penonton kdrama, kita tau dong, betapa banyaknya drama yang rilis di Korsel sana. Nah, untuk bahan pertimbangan chingudeul sebelum menonton, kami akan membuat semacam review singkat dari dua episode awal drama yang kami tonton. Tapi tentu saja karena review kdrama biasanya bersifat subyektif, kami harap chingudeul jangan langsung memutuskan untuk nggak nonton kdrama tersebut setelah baca review-nya, soalnya masalah selera kan, berbeda-beda. Semoga postingan ini membantu, ya. Review ini akan berada pada label Sneak Peek.
Beautiful Mind

Anyyeong!
Satu lagi drama dengan setting medical tayang bulan ini. Mengambil judul Beautiful Mind, drama ini dibintangi Jang Hyuk sebagai Lee Young Oh, dokter bedah super hebat yang bisa mengetahui fakta tentang pasien dengan hanya sekali lihat (lebay? Well, ini drama Korea :D)
Aku nggak bikin sinopsis secara kronologis episode satu sampai dua ya, chingudeul, supaya lebih enak dibacanya :)

Lee Young Oh sejak kecil didiagnosa menderita antisocial disorder. Dia nggak bisa menunjukkan emosi, nggak bisa mengerti emosi orang lain, dan nggak bisa berempati. Ayahnya melakukan treatment sendiri di rumah supaya Lee Young Oh bisa membaca emosi. Tapi tak ada yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan empatinya. Ia tumbuh menjadi dokter bedah yang hebat, tapi arogan dan dingin.

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind
Lee Young Oh
Ayah Lee Young Oh, Lee Gyun Myung (diperankan Heo Jun Ho) bekerja di Hyun Sung Medical Center dan baru saja diangkat menjadi kepala Cardio-cerebrovascular Center. Saat itu, ada kandidat calon presiden bernama Kim Myung Soo (diperankan Ryu Seung Soo) yang memanfaatkan isu kesehatan untuk kampanyenya. Ia memutuskan mendukung Hyun Sung Medical untuk menggalang simpati warga.
Di tengah perayaan itu, datang seorang lelaki yang langsung menyerang Kim Myung Soo, tapi berhasil dicegah para anak buahnya. Hingga akhir episode kedua, belum diketahui apa penyebab penyerangan yang dilakukan orang yang belakangan diketahui bernama Kang Chul Min ini.

Beautiful Mind
Kim Myung Soo
Beautiful Mind
Lee Gun Myung
Beautiful Mind
Kang Chul Min
Beautiful Mind

Kang Chul Min ditangkap, dimasukkan ke minivan, tapi tak dibawa ke rumah sakit mana pun.
Sementara itu, karena Kang Chul Min menuju Hyun Sung Medical ngebut naik motor dan nggak pakai helm, ia dikejar polisi lalu lintas bernama Gye Jin Sung (diperankan Park So Dam) yang punya jiwa pembela kebenaran dan keadilan yang menggebu-gebu. Makanya Gye Jin Sung mengetahui peristiwa penyerangan itu dan sempat melihat bahwa di lengan Kang Chul Min ada sesuatu yang sepertinya bekas luka bakar, CMIIW.
Dalam pengejaran ini, Gye Jin Sung berpartner dengan Sersan Park Soo Bum (diperankan Jung Hee Tae). Tapi Sersan Park nggak turun dari mobil, jadi hanya Gye Jin Sung yang melihat luka di tangan Kang Chul Min.
Beautiful Mind
Gye Jin Sung
Beautiful Mind
Park Soo Bum
Sepuluh tahun lalu, Gye Jin Sung sudah mengenal dokter Hyun Suk Joo (diperankan dengan sangat keren oleh Yoon Hyun Min) di Hyun Sung Medical Center. Saat itu, Hyun Suk Joo masih mahasiswa tingkat satu (tapi kok udah praktik di rumah sakit, ya? Di sini aku kurang paham karena subnya bilang "1st grade.")
Nah, operasi Gye Jin Sung gagal. Sebetulnya malah tergolong malpraktik, tapi dokter yang ngoperasi nggak mau tanggung jawab. Hyun Suk Joo memohon pada para seniornya, tapi mereka tetap menolak. Akhirnya, Hyun Suk Joo berhasil dibujuk Shin Dong Jae (diperankan Kim Jong Soo). Gye Jin Sung mencuri dengar kejadian ini dan kayaknya sejak itu dia jatuh cinta pada Hyun Suk Joo.
Sebelumnya, saat menghibur Gye Jin Sung, Hyun Suk Joo memberikan tutup botol padanya. Gyu Jin Sung pernah menggunakannya sebagai cincin di jari manis.

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Nah, balik ke insiden Kang Chul Min tadi, saat Kim Myung Soo dan rombongan menuju ke depan lift dan Shin Dong Jae yang kini sudah menjadi kepala rumah sakit mempersilakan Kim Myung Soo menuju ruang konferensi pers, Lee Young Oh datang dan mengatakan kalau Kim Myung Soo harus membatalkan semua acaranya karena sekarang di dalam otaknya ada bom yang sedang berdetak.
"You'll see before the elevator doors open," katanya.
Kim Myung Soo ternyata jatuh pingsan tepat sebelum pintu lift tertutup.
Setelah menjalani pemeriksaan, Kim Myung Soo diketahui menderita aneurisma, kelainan pembuluh darah otak yang muncul akibat penipisan dan degenerasi dinding pembuluh darah arteri. Lee Young Oh mengetahui hal itu saat pertama kali melihat Kim Myung Soo. Lee Young Oh mengusulkan live surgery, jadi Kim Myung Soo akan dioperasi dan disiarkan live. Ini bagus untuk kampanye politiknya.

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Malamnya, Gye Jin Sung bersiap-siap pergi kencan. Ia pergi ke suatu restoran dan duduk menunggu. Tapi yang ia tunggu tak kunjung datang. Ia menelepon orang yang di daftar kontak diberi nama One More Bottle. Ternyata Hyun Suk Joo yang kelihatannya sama sekali lupa kalau ada janji.
Gye Jin Sung keluar dan masuk mobil. Saat itulah, ada minivan melaju kencang, lalu melempar seseorang keluar. Kemudian, minivan itu mundur dengan kecepatan tinggi dan menabrak orang itu hingga terlempar menimpa kaca depan mobil Gye Jin Sung. Saat ia keluar untuk memeriksa keadaan dan menelepon 119, ia melihat lengan korban yang ada lukanya. Ya, korban itu adalah Kang Chul Min.
Sampai di rumah sakit, Gye Jin Sung bertemu lagi dengan Hyun Suk Joo. Tapi sikapnya sudah berubah. Ini pasti ada sesuatu yang terjadi deeeeehhh sepuluh tahun lalu....

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind
Hyun Suk Joo
Hyun Suk Joo meminta Lee Young Oh melakukan operasi, tapi saat melihat kondisi pasien, Lee Young Oh menolak. Ia tahu pasien ini nggak ada harapan hidup. Gye Jin Sung yang baru saja tiba membawa anak tunggal Kang Chul Min, mendengar penolakan Lee Young Oh. Ngomongnya, "I'm not interested," pula.
Gye Jin Sung meradang. Ia memborgol Lee Young Oh, tapi berhasil dicegah Hyun Suk Joo yang memberi jalan tengah: mereka berdua yang mengoperasi Kang Chul Min. Seperti diprediksi Lee Young Oh, operasi tersebut gagal.

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Gye Jin Sung yang merasa bersalah pada anak Kang Chul Min, bersikeras melaporkan bahwa kematian Kang Chul Min karena pembunuhan. Ia meminta jenazah diotopsi. Hasil otopsi nggak menunjukkan kejanggalan. Tapi lengan pasien yang diotopsi itu bersih. Waktu Gye Jin Sung balik lagi untuk memastikan, kata dokter otopsi, jenazah Kang Chul Min sudah diambil anaknya dengan alasan mau melakukan kremasi masal karena tak sanggup membayar biaya pemakaman. Gye Jin Sung makin curiga, soalnya anak Kang Chul Min itu bisu-tuli, nggak mungkin bisa berkomunikasi.
Tambahan lagi, video rekaman di ruang operasi saat itu hilang.
Karena yakin jenazah tersebut ditukar di rumah sakit, Gye Jin Sung memeriksa CCTV di kamar mayat. Ia melihat Lee Young Oh jelas-jelas membuka kantong mayat Kang Chul Min. Malah dengan nyebelinnya, dia nengok ke CCTV.
Kecurigaan Gye Jin Sung makin menjadi. Ia menyusup masuk ke ruang kerja Lee Young Ah. Di laptop Lee Young Oh, Gye Jin Sung melihat copy rekaman operasi Kang Chul Min. Saat itulah Lee Young Oh masuk dan menusuk Gye Jin Sung dengan skalpel.

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind
Suster Lee Hae Joo
Beautiful Mind

Beautiful Mind

Ternyata penusukan itu untuk menyelamatkan nyawa Gye Jin Sung, sebab terjadi kebocoran pada bekas operasinya. Penusukan itu membuat cairan yang memenuhi paru-parunya bisa segera dikeluarkan.
Kemudian, ada pasien mengamuk di lobi rumah sakit. Gye Jin Sung berhasil menyelamatkan Lee Young Ah. Alih-alih berterima kasih, Lee Young Ah malah minta Gye Jin Sung menjelaskan kenapa ia ada di ruang kerjanya. Gye Jin Sung pun menyatakan kecurigaannya. Karena nggak punya bukti kuat, Gye Jin Sung menyabotasi presentasi Lee Young Ah di hadapan para rekan sejawatnya supaya mereka mengizinkan pemeriksaan lebih lanjut. Gye Jin Sung menyertakan rekaman di kamar mayat sebagai bukti.
Salah satu dokter bernama So Ji Yong (diperankan Min Sung Wook) melihat sabotase ini sebagai kesempatannya untuk terkenal. Ia mencari muka pada Lee Gun Myung. Akhirnya, kesempatan melakukan live surgery diberikan pada So Ji Yong. Lee Young Oh harus menghadapi persidangan etik.

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Keesokan harinya, saat para dokter sibuk melakukan persiapan live surgery, Lee Young Oh menjemput Gye Jin Sung dan membawanya ke Hyun Sung Medical Center. Lee Young Oh membalikkan kata-kata Gye Jin Sung tentang tugas polisi, lalu ia meminta Gye Jin Sung memperhatikan baik-baik akibat apa yang telah ia timbulkan kemarin.

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Seperti sudah diduga, live surgery terhadap Kim Myung Soo nyaris gagal. Dokter So Ji Yong panik. Koneksi siaran live langsung diputus.
Lee Gun Myung mengambil alih, tapi ia juga nggak sanggup berbuat banyak karena takut menghadapi risikonya. Biar gimana juga, Kim Myung Soo ini orang penting. Kalau sampai mati di meja operasi, bisa gonjang-ganjing seluruh Korsel.
Lee Young Ah bersedia melakukan operasi tadi, tapi ia minta kepada Kang Hyun Joon (diperankan Oh Jung Se) supaya diberi wewenang penuh seperti boleh menentukan jenis operasi, boleh menggunakan dana rumah sakit, dan wewenang personal lainnya. Kang Hyun Joon terpaksa mengizinkan.
Setelah itu, Lee Young Ah meminta Hyun Suk Joo bergabung dalam timnya. Dan voila, operasi berhasil. Ternyata ada gumpalan mikotik yang disebabkan oleh jamur dalam otak Kim Myung Soo. CMIIW. Jamur itu nggak terdeteksi lewat CT Scan ataupun MRI. Dan Lee Young Oh mendapati jamur itu dalam otak Kang Chul Min. Argumen-argumen yang dikeluarkan Lee Young Oh setelah itu juga mematahkan kecurigaan orang-orang terhadapnya.

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind
Kang Hyun Joon
Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Karakter Gye Jin Sung yang polos sepertinya ditampilkan untuk memberi sedikit kesegaran dalam dominasi aura gelap Beautiful Mind. Dan menurutku berhasil, sih. Misalnya aku jadi senyum-senyum sendiri saat Gye Jin Sung galau rambutnya yang seiprit itu harus diapakan supaya terlihat lebih cantik. Juga saat ia sadar bahwa jantungnya berdebar kencang setelah jatuh di atas dada Lee Young Oh.

Beautiful Mind
Beautiful Mind
Beautiful Mind

Beautiful Mind
Beautiful Mind
Beautiful Mind

Di balik wajah datar dan kearoganannya, Lee Young Oh punya pacar, lho. Malah udah dia lamar. Dokter cantik bernama Kim Min Jae (diperankan Park Se Young).

Beautiful Mind
Kim Min Jae
Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Dan di balik kematian Kang Chul Min, tersembunyi misteri yang lebih besar. Misalnya, kenapa di otak Kang Chul Min dan Kim Myung Soo didapati jamur yang sama? Siapa yang mengambil jantung Kang Chul Min? Dan siapakah yang berusaha menabrak Gye Jin Sung tepat sesaat sebelum mobil Lee Young Oh tiba?
Semua orang bisa jadi tersangka, lho. Itulah yang membuatku suka drakor genre ini, hehehe....

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Jujur ya, chingudeul, waktu scene para dokter gagal mengoperasi Kang Chul Min, kan mereka pada kelihatan merasa bersalah gitu ya, aku nangis, lho. Tapi menjelang ending episode dua, Lee Young Oh memberikan argumen yang mengejutkan bahwa dia lebih hebat daripada semua dokter yang lain karena dia bisa melakukan operasi tanpa melibatkan perasaan, dan diam-diam aku setuju, masa! Parah banget kan, wkwkwkwk....
Soalnya aku ngebayangin gimana depresinya tiap dokter kalo operasinya gagal. Nah, kalo yang ngoperasi nggak punya perasaan, kan kemungkinan suksesnya lebih besar, ya nggak sih?

Beautiful Mind

Beautiful Mind

Sneak Peek ini ditulis dengan segala keterbatasanku yang nggak ngerti blas tentang dunia kedokteran dan istilah-istilahnya, jadi kalau chingudeul ada kritik atau saran, silakan banget kasih komentar di bawah :)
Beautiful Mind tayang mulai 20 Juni 2016 setiap hari Senin dan Selasa pukul 22.00 KST di KBS2 sepanjang 16 episode.


-Della-



1 komentar:

  1. Sukaaaaa....thanks ya sdh ada sneakpeaknya..
    Lebih suka # BeautifulMind daripada #Doctor..:)

    BalasHapus