Enter your keyword

Desember 21, 2016

Sneak Peek : Solomon's Perjury

Chingudeul, sebagai penonton kdrama, kita tau dong, betapa banyaknya drama yang rilis di Korsel sana. Nah, untuk bahan pertimbangan chingudeul sebelum menonton, kami akan membuat semacam review singkat dari dua episode awal drama yang kami tonton. Tapi tentu saja karena review kdrama biasanya bersifat subyektif, kami harap chingudeul jangan langsung memutuskan untuk nggak nonton kdrama tersebut setelah baca review-nya, soalnya masalah selera kan, berbeda-beda. Semoga postingan ini membantu, ya. Review ini akan berada pada label Sneak Peek.

Solomon's Perjury
Source : Asianwiki
Solomon's Perjury (솔로몬의 위증) adalah serial televisi yang baru tayang di Korea Selatan pada 16 Desember kemarin, dibintangi oleh Kim Hyun SooJang Dong YoonSeo Ji HoonSeo Young Joo, dan Cho Jae Hyun yang didasarkan pada novel berjudul sama karya novelis Jepang Miyuki Miyabe. Drama dengan judul yang sama sudah tayang di negeri asalnya, Jepang, pada tahun 2015 (Asianwiki). 


Plot

Di aula sekolah SMA Jeong Guk, diadakan sebuah persidangan yang digelar oleh siswa dan siswi sekolah elite tersebut. Dalam sidang yang dihadiri oleh para siswa, guru, orang tua siswa, dan pihak-pihak lainnya, seorang siswi bertindak sebagai penuntut, seorang siswa sebagai pembela, dan seorang siswa lainnya yang merupakan tersangka dari sebuah pembunuhan, serta saksi-saksi. Sidang tersebut berlangsung menegangkan. Pembela menyangkal tuntutan penuntut karena kurangnya bukti. Penuntut mengorek kesaksian dari salah seorang murid yang kemudian membeberkan fakta bahwa dia diperintahkan untuk berbohong mengenai kesaksiannya tentang alibi terdakwa pada malam Natal. Terdakwa marah dan berusaha menganiaya saksi. Siswa yang menjadi saksi itu meninggalkan aula. Penuntut terkesiap karena kaget. Suasana sidang menjadi riuh dan kacau.

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Dua bulan sebelumnya...

Lee So Woo (Seo Young Joo) terlibat perkelahian dengan Choi Woo Hyuk (Baek Cheol Min), preman sekolah sekaligus anak Kepala Komite Pencegahan Kekerasan Sekolah di SMA Jeong Guk. Jika perkelahian itu tidak segera dilerai oleh para guru, So Woo bisa saja mati di tangan Woo Hyuk. Tidak ada yang tahu alasan perkelahian mereka di dalam ruangan kelas yang terkunci tersebut.

So Woo kemudian mendapatkan tekanan dari pihak sekolah dan juga dari Han Kyung Moon, Kepala Departemen Hukum Yayasan Jeong Guk. Han Kyung Moon menemui So Woo di sekolah dan meminta agar dia tidak membesar-besarkan kasus perkelahiannya dengan Woo Hyuk. Han Kyung Moon juga minta So Woo pindah ke sekolah lain. Siswa-siswa lainnya tidak ada yang bersedia menjadi saksi untuk masalah pertengkaran So Woo dengan Woo Hyuk karena takut akan dicap jelek oleh pihak sekolah dan yayasan. Termasuk Go Seo Yeon (Kim Hyun Soo), salah satu murid terpintar di SMA elite Jeong Guk.


Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

So Woo akhirnya menutuskan untuk keluar dari sekolah pada hari diadakannya rapat Komite Pencegahan Kekerasan di sekolah yang dihadiri oleh pihak sekolah dan ayah Woo Hyuk sebagai kepala komite. So Woo tidak mau hadir dalam rapat komite dan memutuskan untuk meninggalkan SMA Jeong Guk saat itu juga setelah dia membersihkan lokernya. So Woo meninggalkan sekolah dengan dramatis. Siswa-siswa lain sempat merasa kesal karena mereka menyangka tindakan So Woo ini ditujukan kepada mereka.

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

So Woo sempat merasa kecewa dengan Seo Yeon karena dia tidak mau menjadi saksi untuk mendukung So Woo dan mengatakan bahwa Seo Yeon sama saja dengan anak-anak lainnya. Belum diketahui bagaimana hubungan antara So Woo dengan Seo Yeon sebelumnya sehingga So Woo berkata seperti itu, tapi diam-diam Seo Yeon ternyata sudah membuat surat pernyataan kesaksian untuk So Woo, hanya saja dia tidak (atau belum?) memberikannya ke pihak sekolah.

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Pada suatu pagi bersajlu setelah Natal, Bae Joon Young (Seo Ji Hoon) berangkat ke sekolah dengan perasaan sedih setelah mendengarkan pertengkaran orang tuanya di rumah. Setelah dia memarkirkan sepedanya, Joon Young melihat seorang siswa yang seperti sedang menangis menatap ke arah yang tidak jauh dari tempatnya berdiri. Ketika siswa itu melihat Joon Young, dia bergegas pergi. Joon Young kemudian berjalan menuju kelasnya. Saat itulah Joon Young menemukan So Woo sudah menjadi mayat dan hampir terkubur sepenuhnya di bawah salju. Seo Yeon datang tidak lama setelah itu dan ikut menjadi saksi penemuan yang menggegerkan sekolah itu.

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Pihak sekolah tidak ingin kasus ini dibesar-besarkan dan berusaha keras agar penyelidikan polisi berhenti sampai pada kesimpulan bahwa So Woo mati bunuh diri dengan cara melompat dari atap sekolah. Kepala sekolah bahkan menyalahkan pihak keamanan sekolah yang dinilai lalai sehingga terjadi hal mengerikan seperti itu. Dikarenakan kurangnya bukti yang mengarah pada pembunuhan, polisi menyimpulkan bahwa kasus ini adalah kasus bunuh diri. Kematian So Woo menjadi perbincangan seantero sekolah, bahkan di komunitas online SMA Jeong Guk mulai beredar rumor bahwa kematiannya bukanlah bunuh diri. Para murid menghubung-hubungkannya dengan peristiwa perkelahian So Woo  dengan Woo Hyuk.

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Hubungan Joon Young dan Seo Yeon menjadi lebih dekat dari sebelumnya. Seo Yeon dan dua orang sahabatnya secara tidak sengaja mengetahui bahwa keadaan keluarga Joon Young kacau karena ibunya yang menderita penyakit parah selalu menyalahkan Joon Young atas penyakitnya itu. Seo Yeon mulai menaruh perhatian terhadap Joon Young dan berusaha berteman dengannya. Pada hari upacara kematian So Woo di sekolah, Joon Young merasa sangat sedih dan tiba pada titik dimana dia tidak tahan lagi hidup. Dalam keadaan tertekan dan frustasi, Joon Young meninggalkan prosesi upacara dan pergi keluar sekolah. Dia kemudian memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan melompat dari sebuah gedung.

Untungnya, Joon Young meninggalkan sebuah foto di SNS-nya dengan ucapan perpisahan sehingga Seo Yeon segera menyadari tindakan bodoh yang akan dilakukan Joon Young. Dia lalu mencari Joon Young sambil berusaha membujuk Joon Young untuk tidak bunuh diri. Seo Yeon belum terlambat ketika sampai di atap gedung yang didatangi Joon Young. Dia menemukan Joon Young yang tidak jadi melompat sedang menangis tersedu-sedu. Sejak saat itu, Seo Yeon menawarkan diri untuk menjadi teman Joon Young dan mereka berdua mulai berteman dekat.

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

So Woo diceritakan sebagai anak yang pendiam dan mempunyai sedikit teman. Salah satunya adalah Han Ji Hoon (Jang Dong Yoon), anak Kepala Departemen Hukum Yayasan Jeong Guk, Han Kyung Moon. Ketika Han Kyung Moon bertemu dengan So Woo sebelum kematiannya, dia sempat menyinggung soal Ji Hoon kepada So Woo, tapi So Woo tidak menanggapi apa-apa. Dalam beberapa adegan kilas balik, Ji Hoon digambarkan berteman baik dengan So Woo. Bahkan pada upacara kematian So Woo, Ji Hoon ikut dalam kelompok orkestra sekolah dan sambil gemetar menahan tangis dia memainkan cello-nya melantunkan lagu penghormatan terakhir untuk So Woo.

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Kasus kematian So Woo hampir dilupakan oleh semua orang, kecuali seorang siswi bernama Lee Joo Ri (Shin Se Hwui). Dia membuat sebuah pengakuan mengejutkan kepada sahabatnya, Park Cho Rong (Seo Shin Ae) bahwa dia menjadi saksi pembunuhan So Woo oleh Woo Hyuk. Joo Ri mengaku pada Cho Rong bahwa dia melihat So Woo didorong dari atap gedung sekolah oleh Woo Hyuk pada malam Natal. Mereka berdua kemudian memutuskan untuk menuliskan pernyataan kesaksian Joo Ri dalam sebuah surat kaleng dan mengirimkannya ke kepala sekolah dan ke rumah seorang detektif yang menangani kasus So Woo yang sekaligus juga merupakan ayah Seo Yeon. Surat kaleng dari Joo Ri dan Cho Rong rupanya tidak sampai ke tangan kepala sekolah, malah berakhir di tangan seorang wartawan media terkemuka.

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Kasus kematian So Woo pun dibuka kembali oleh pihak kepolisian karena surat kaleng Joo Ri dan Cho Rong. Namun pihak sekolah menginginkan kasus ini diselidiki diam-diam sehingga tidak menimbulkan keributan di kalangan murid dan para orang tua. Tapi para murid sudah mencurigai ada sesuatu yang tidak beres dalam kasus kematian So Woo. Mereka bahkan membicarakan sebuah sms petunjuk di grup chat sekolah dari seseorang yang dikenal dengan nama "Jeong Guk Watchman". Tidak ada yang tahu siapa sebenerarnya Jeong Guk Watchman ini, tetapi sepertinya semua siswa percaya padanya dan menunggu dia kembali.

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Seiring dengan berjalannya penyelidikan oleh polisi, kasus kematian So Woo diberitakan juga di televisi. Reporter Park (Heo Jung Do) yang menerima surat kaleng Joo Ri yang semula ditujukan kepada kepala sekolah, mulai menggali informasi dari para siswa, termasuk melakukan wawancara dengan Joo Ri yang kelihatannya sangat mendendam kepada Woo Hyuk. Beritanya menjadi ramai diperbincangkan, bahkan menyeret pihak kepolisian yang semula menutup kasus tersebut sebagai kasus bunuh diri. Para orang tua siswa bahkan mengadakan pertemuan dan menuntut pertanggungjawaban dari pihak sekolah dan polisi.

Seo Yeon mulai mencurigai Joo Ri dan Cho Rong sebagai pengirim surat kaleng. Dia mencoba mencari informasi dari kedua teman sekelasnya itu, tapi berakhir dengan dimaki-maki oleh Joo Ri. Cho Rong yang pada dasarnya berhati lembut, takut terhadap akibat dari surat kaleng yang mereka sebarkan. Dia mulai membujuk Joo Ri agar bersedia memberikan kesaksian kepada polisi. Joo Ri mulai menunjukkan sifat aslinya, dia  menolak ajakan sahabatnya untuk mendatangi kantor polisi. Joo Ri malah memaki-maki dan menghina Cho Rong sambil kemudian memberi tahu Cho Rong dunia seperti apa yang mereka tinggali sekarang. Joo Ri berkata bahwa sekalipun Cho Rong mati di depannya, dia tidak akan menangis. Cho Rong yang syok dan terkejut melihat perubahan pada diri Joo Ri, lalu pergi meninggalkan Joo Ri sambil berlari dan menangis.

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Naas bagi Cho Rong, sebuah truk menghantamnya keras ketika dia tengah berlari menyeberangi jalan raya sambil menangis tersedu-sedu. Joo Ri yang menyaksikan semua itu hanya terdiam, lalu buru-buru pergi dari tempat kejadian.

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Seo Yeon mendengar kabar mengenai Cho Rong, lalu dia menemui Joo Ri yang sedang berada di ruang kesehatan. Bukannya merasa sedih karena sahabatnya tengah koma, Joo Ri malah memaki-maki Seo Yeon dan kemudian tertawa histeris seperti orang gila. Beberapa siswi menguping pembicaraan mereka dari luar dan sepertinya mulai menyebarkannya. Joo Ri kemudian di-bully oleh siswa-siswa lainnya sampai Joo Ri mengalami syok dan akhirnya  tidak masuk sekolah dengan alasan sakit. Dan rumor baru pun menguar di tengah-tengah siswa bahwa siapa pun yang berkaitan dengan kematian So Woo, satu per satu akan menghilang.

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury

*     *     *
Sampai episode 2 drama ini, aku masih meraba-raba dan menebak-nebak benang merah antartokohnya dan motif apa yang tersembunyi di balik setiap peristiwa. Drama ini memang berisi artis-artis muda pendatang baru alias rookie, jadi menurutku akting beberapa pemeran pendukung masih kurang bagus. Plotnya juga kadang melompat terlalu cepat sehingga agak membingungkan. But overall, I like this drama! Tema cerita dan karakter-karakter pendukungnya fresh! Dan aku ngarepin banget ada sedikit romansa ala-ala anak sekolahan, hehe.... Meskipun yah, harapan itu sedikit pupus setelah melihat bocoran ini :

Solomon's Perjury

Solomon's Perjury tayang di JTBC sejak 16 Desember 2016 setiap hari Jumat dan Sabtu pukul 20.30 KST. Happy watching! ^^


1 komentar:

  1. Wah...nampak na
    Ada yang swesuwatu negh
    Jeong Guk-i^^

    BalasHapus