Enter your keyword

Januari 27, 2017

Sneak Peek : Defendant

Chingudeul, sebagai penonton kdrama, kita tau dong, betapa banyaknya drama yang rilis di Korsel sana. Nah, untuk bahan pertimbangan chingudeul sebelum menonton, kami akan membuat semacam review singkat dari dua episode awal drama yang kami tonton. Tapi tentu saja karena review kdrama biasanya bersifat subyektif, kami harap chingudeul jangan langsung memutuskan untuk nggak nonton kdrama tersebut setelah baca review-nya, soalnya masalah selera kan, berbeda-beda. Semoga postingan ini membantu, ya. Review ini akan berada pada label Sneak Peek.

Defendant

Sinopsis

Park Jung Woo adalah seorang jaksa di Kantor Jaksa Distrik Pusat Seoul. Suatu hari, dia terbangun di dalam sel penjara dan menemukan dirinya adalah narapidana dengan ancaman hukuman mati. Dia dituduh membunuh anak dan istrinya sendiri dan menyembunyikan mayat mereka. Yang menjadi pokok permasalahan adalah, Park Jung Woo menderita amnesia sementara sehingga dia sama sekali tidak ingat apa yang telah terjadi. Ingatan terakhir yang masih jelas di kepalanya adalah hari ketika anak perempuannya berulang tahun. Park Jung Woo berjuang untuk memulihkan ingatannya dan membersihkan namanya dari tuduhan palsu.

Cast

Ji Sung

Defendant
Park Jung Woo

Seorang narapidana melakukan aksi nekat, yaitu melarikan diri dari penjara di tengah malam buta. Sayangnya, aksinya tersebut diketahui oleh para sipir penjaga dan mereka berusaha keras menangkapnya kembali. Narapidana itu lari tunggang langgang menyusuri area sekitar penjara untuk sampai ke jalan raya. Naas, ketika dia mencapai jalan raya, sebuah truk dengan kecepatan tinggi melaju ke arahnya. Narapidana itu tidak berusaha menyelamatkan diri, dia terdiam mematung dan menatap tajam ke arah truk tersebut. Narapidana itu adalah Park Jung Woo (diperankan oleh Ji Sung).

Park Jung Woo adalah seorang jaksa yang sangat berdedikasi dalam pekerjaannya. Dia tidak ragu menangkap orang-orang yang melanggar peraturan. Ia juga tidak pernah pandang bulu dalam upayanya menegakkan hukum. Kegigihan dan kejujuran Park Jung Woo membuat rekan-rekan kerjanya salut dan hormat padanya. Dia juga seorang suami sekaligus ayah yang penyayang. Istri dan anak perempuannya adalah prioritas utama dalam hidupnya. Meskipun di lingkungan pekerjaannya yang keras dan beresiko tinggi ia dikenal sebagai jaksa yang tegas dan keras kepala, tapi sebenarnya Jung Woo adalah laki-laki hangat yang sangat menyayangi keluarga kecilnya.

Suatu hari, Park Jung Woo tengah menangani kasus pembunuhan bos gengster yang diduga dilakukan oleh anak buahnya sendiri. Jung Woo hampir babak belur dihajar sekelompok gengster yang tidak takut pada jaksa dan hukum. Untunglah ia berhasil melarikan diri dan diselamatkan oleh rekannya. Hari itu adalah hari ulang tahun anak perempuannya, Ha Yun.

Sebelum pulang ke rumah, Jung Woo sempat didatangi pengacara dari sebuah firma hukum ternama yang menawarkan pekerjaan kepada Jung Woo sebagai pengacara di firma hukum tersebut. Jung Woo menolak tawarannya. Tanpa diketahuinya, tawaran tersebut datang atas perintah dari seorang presdir perusahaan ternama. Jung Woo sedang menyelidiki sebuah kasus pembunuhan yang dilakukan oleh salah seorang pewaris perusahaan tersebut.

Defendant
Melarikan diri dari kejaran gengster
Defendant
Firma Hukum Lee & Park
Defendant
Orang suruhan presdir Cha

Uhm Ki Joon

Defendant
Cha Min Ho/Cha Seon Ho

Cha Min Ho (Uhm Ki Joon) adalah seorang wakil direktur sebuah perusahaan raksasa dan berpengaruh di Korea. Namun, bertolak belakang dengan saudara kembarnya, Cha Seon Ho yang menjabat sebagai presiden direktur di perusahaan yang sama milik ayah mereka, Cha Min Ho adalah seorang tukang onar yang berperangai kasar dan kejam.
Suatu hari, Cha Min Ho membunuh seorang wanita penghibur di villanya dengan menggunakan tongkat golf. Cha Min Ho sendiri mengelak tuduhan pembunuhan tersebut dan merasa di atas angin karena tidak adanya bukti.  Kepolisian dan kejaksaan segera datang ke TKP, menyusuri setiap jengkal villa sampai akhirnya menemukan barang bukti yang digunakan Cha Min Ho untuk membunuh wanita penghibur tadi. Cha Min Ho kemudian bersembunyi dari kejaran polisi di salah satu penthouse-nya.

Park Jung Woo yang memegang kasus pembunuhan ini mendatangi perusahaan keluarga Cha Min Ho. Di sana, dia sempat salah mengira kalau presdir Cha Seon Ho adalah Cha Min Ho yang tengah dicari-carinya. Cha Seon Ho sendiri tidak menghalang-halangi upaya kejaksaan dan polisi menggeledah kantornya untuk menemukan kembarannya yang buron. Park Jung Woo tidak menemukan Cha Min Ho di kantor Cha Seon Ho.

Cha Seon Ho menemui adik kembarnya di salah satu penthouse milik keluarga mereka. Cha Min Ho yang hanya bisa mabuk-mabukan menolak untuk menyerahkan diri seperti yang disarankan kakaknya. Cha Seon Ho sudah lelah dengan kelakuan adiknya, menurutnya kekacauan yang disebabkan oleh adiknya bukan sekali ini terjadi.
Di tengah-tengah perdebatan sengit, Cha Min Ho mendapat ide jahat untuk meloloskan diri dari jeratan hukum. Serta merta, Cha Min Ho memukul kepala kakaknya dengan botol minuman sampai sang kakak roboh. Ternyata, Cha Min Ho berencana bertukar identitas dengan Cha Seon Ho. Dengan susah payah, Cha Min Ho menjatuhkan kembarannya dari balkon penthouse-nya untuk membuat seolah-olah itu adalah upaya bunuh diri. Namun tanpa dia sadari, Cha Seon Ho tidak langsung mati saat itu. Cha Seon Ho mati saat dalam perawatan di rumah sakit dan sempat membisikkan sesuatu kepada Park Jung Woo yang membuat Cha Min Ho was-was.

Defendant
Cha Min Ho membunuh wanita dari klub malam
Defendant
Park Jung Woo bertemu Cha Seon Ho
Defendant
Cha Min Ho membunuh kembarannya Cha Seon Ho
Defendant
Detik-detik terakhir kematian Cha Seon Ho

Oh Chang Suk

Defendant
Kang Joon Hyuk

Park Jung Woo telah ditahan selama kurang lebih 4 bulan dalam penjara. Meskipun dia masih belum dinyatakan bersalah oleh pengadilan, tetapi Park Jung Woo diancam dengan hukuman mati oleh jaksa. Selama 4 bulan berada dalam tahanan, Park Jung Woo selalu mengalami siklus amnesia yang sama setiap kali dia bangun tidur. Memori yang paling jelas dan selalu diingat oleh Jung Woo adalah hari ketika anaknya berulang tahun ke-6. Jung Woo merayakan hari ulang tahun tersebut bersama anak dan istrinya secara sederhana di rumah. Setelah anak perempuannya tertidur, Jung Woo pun segera  beristirahat di kamarnya dan berpesan kepada Ji Soo, istrinya, untuk membangunkannya pada pukul 6 pagi. Namun, ketika terbangun, Jung Woo sudah berada di dalam sel tahanan bersama-sama dengan beberapa tahanan lainnya. Dia lupa apa yang terjadi di antara rentang waktu antara hari ulang tahun anaknya sampai hari dimana dia terbangun di dalam sel penjara. Dan siklus itu berulang terus selama 4 bulan Jung Woo berada di tahanan.

Jaksa yang menangani kasus pembunuhan yang dituduhkan kepada Jung Woo adalah rekan kerjanya selama di kantor kejaksaan, Kang Joon Hyuk (Oh Chang Sung). Jaksa Kang ditunjuk sendiri oleh Choi Dae Hong (Jaksa Kepala), atasan Park Jung Woo di Kantor Jaksa Distrik Pusat. Meskipun jaksa Kang bertugas menjadi penuntut dalam kasus Jung Woo, tetapi dia tidak mau mempercayai bahwa Jung Woo membunuh anak dan istrinya serta menyembunyikan mayat mereka. Kang Joon Hyuk sangat mengenal Jung Woo, dia merasa hal tersebut adalah mustahil. Meski demikian, bukti-bukti mengarah pada Jung Woo.

Kang Joon Hyuk berusaha semampunya membantu Jung Woo untuk memulihkan kembali ingatannya dan mengembalikan nama baik Jung Woo. Jaksa tersebut bahkan menemui psikiater untuk berkonsultasi mengenai amnesia yang diderita oleh Jung Woo. Berkali-kali dia juga berusaha mengorek keterangan dari Jung Woo mengenai kejadian yang sebenarnya terjadi dan memberikan laporan-laporan hasil penyelidikan kepada Jung Woo agar ingatannya dapat kembali.

Defendant
Jaksa Kang yang ganteng <3<3
Defendant
Berkonsultasi dengan psikiater 
Defendant
Jung woo masih belum bisa menerima kenyataan

Kwon Yoo Ri

Defendant
Seo Eun Hye

Perangai Jung Woo yang aneh selama di 
dalam penjara dan mentalnya yang masih belum siap menerima keyataan bahwa anak dan istrinya mati dibunuh, membuat Jung Woo berkali-kali gonta-ganti pengacara. Tidak ada satu pun pengacara publik yang mau membela Jung Woo karena tidak ada kemajuan yang didapat selama proses persidangan pertama dan selama dia berada dalam penjara. Ditambah lagi, ingatannya yang bolak-balik hilang dan kebiasaannya mengamuk pada pengacaranya, membuat para pengacara itu mundur dan melepaskan kasusnya. Kantor pengacara publik sampai kebingungan mencari pengacara pengganti untuk Jung Woo.

Seo Eun Hye (Kwon Yoo Ri) adalah seorang pengacara publik yang jalan pikirannya sangat polos dan terlalu mudah mempercayai kliennya. Hal tersebut membuat dia kurang disukai di kalangan hakim. Apalagi dia sering membuang-buang waktu para hakim di persidangan dengan melakukan pemeriksaan saksi yang bertele-tele. Hal itu membuatnya gagal dalam tahap evaluasi pengacara publik karena hakim yang mengevaluasinya dibuat kesal olehnya. Di tengah keputusasaannya karena dia gagal dalam evaluasi sebagai pengacara publik, secara sembrono dia mengambil kasus yang ditolak oleh pengacara publik lainnya. Siapa yang menyangka bahwa kasus tersebut adalah kasus pembunuhan yang terdakwanya adalah Park Jung Woo.

Pengacara Seo pernah berhadapan dengan Jung Woo dalam persidangan dengan hasil kekalahan untuk pihak Seo Eun Hye. Seo Eun Hye merasa bahwa jaksa terlalu kaku dalam melakukan tuntutan kepada terdakwa dan kurang memperhatikan sisi kemanusiaan terdakwa. Sedangkan Jung Woo berpendapat bahwa jika memang pengacara Seo ingin terdakwa mendapatkan hasil sidang sesuai dengan keinginanannya, maka seharusnya pengacara Seo tidak boleh terlalu mempercayai terdakwa. Meskipun sempat merasa kesal dan tidak percaya bahwa dia mengambil kasus Park Jung Woo yang telah ditinggalkan oleh rekan-rekannya, Seo Eun Hye akhirnya bertekad untuk membela Park Jung Woo dengan sepenuh hati.

Defendant
Jung Woo - Eun Hye dipersidangan
Defendant
gagal dalam evaluasi pengacara publik
Defendant
Syok setelah menerima kasus Park Jung Woo
Defendant
Berusaha mempercayai Jung woo

Uhm Hyun Kyung

Defendant
Na Yun Hee

Na Yun Hee (Uhm Hyun Kyung) adalah istri presdir Cha Seon Ho. Orang pertama yang menyadari bahwa Cha Min Ho telah membunuh Cha Seon Ho dan menyamar menjadi kakak kembarnya itu adalah Na Yun Hee. Yun Hee yang sebenarnya sangat takut kepada Min Ho tidak dapat berkutik ketika tahu bahwa suaminya telah dibunuh oleh adik kembarnya sendiri. Min Ho mengetahui rahasia Yun Hee yang tidak diketahui orang lain, termasuk Seon Ho, yaitu kenyataan bahwa anak laki-laki Yun Hee sebenarnya bukanlah darah daging Seon Ho melainkan anak dari pria lain. Di bawah ancaman itu dan rasa takut terhadap sosok Min Ho yang kejam dan nekad, Yun Hee diam dan tidak memberi tahu siapa pun bahwa suaminya yang sekarang adalah Cha Min Ho, bukan Cha Seon Ho.

Defendant
Saat mengetahui bahwa Min Ho bertukar identitas menjadi Seon Ho
Defendant
Yun Hee - Min Ho

*     *     *

Drama yang mempunya judul asli 피고인 (Pigoin) bergenre crime, legal dan thriller ini cukup menarik perhatian penonton  Korea. Terbukti dengan rating yang cukup memuaskan diraih pada dua episode pertama, yaitu masing-masing 14,5% dan  14,9% (Nielsen Korea). Dan menurut aku yang juga ngikutin drama bergenre serupa, Voice, drama yang dibintangi aktor kawakan, Ji Sung ini bikin betah nontonnya dan makin penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Peristiwa yang satu ternyata berhubungan dengan peristiwa lainnya dan menguak kebenaran serta fakta yang nggak disangka-sangka. Padahal, to be honest, aku bukan penggemar Ji sung loh, tapi aktingnya di dua episode pertama Defendant ini mampu bikin aku mewek-mewek deh. Hehe.... 
Buatku sih, so far, ini drama dengan genre crime dan thriller yang bisa bikin nangis-nangis juga.


Defendant tayang sejak 23 Januari 2017 di stasiun tv SBS setiap Senin dan Selasa pukul 22.00 KST  dan direncanakan sebanyak 16 episode.


Utie ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar