Enter your keyword

Februari 01, 2017

Sneak Peek: Chief Kim (Good Manager)

Chingudeul, sebagai penonton kdrama, kita tau dong, betapa banyaknya drama yang rilis di Korsel sana. Nah, untuk bahan pertimbangan chingudeul sebelum menonton, kami akan membuat semacam review singkat dari dua episode awal drama yang kami tonton. Tapi tentu saja karena review kdrama biasanya bersifat subyektif, kami harap chingudeul jangan langsung memutuskan untuk nggak nonton kdrama tersebut setelah baca review-nya, soalnya masalah selera kan, berbeda-beda. Semoga postingan ini membantu, ya. Review ini akan berada pada label Sneak Peek.
Chief Kim Good Manager
source : asianwiki
Plot

Kim Sung Ryeong (diperankan oleh Nam Goong Min) adalah seorang akuntan berbakat yang semula bekerja di perusahaan kecil yang mengelola keuangan sebuah gengster. Kim Sung Ryeong yang terkenal dengan sebutan Chief Kim adalah seseorang yang pandai dan cerdik, beberapa kali dia lolos dari jeratan hukum setelah dicurigai terlibat penggelapan pajak. Suatu hari, berkat sebuah kesempatan yang langka, Chief Kim diterima bekerja di salah satu perusahaan terbesar di Korea, TQ Group sebagai Kepala Divisi Operasional. Tanpa disadarinya, sebenarnya dia hanyalah "alat" yang dipergunakan oleh pejabat-pejabat perusahaan yang lebih tinggi untuk menjalankan sebuah politik kantor yang kotor dan melibatkan korupsi dalam jumlah besar.


Cast

Nam Goong Min

Chief Kim Good Manager
Kim Sung Ryeong "Chief Kim"
Kim Sung Ryeong adalah seorang jenius matematika sekaligus akuntan yang berbakat. Dia pernah memenangkan juara berhitung di luar kepala (mental aritmathic) dalam sebuah kuis di televisi nasional sewaktu masih anak-anak. Ayahnya adalah seorang akuntan yang jujur dan bersih yang membuatnya sering dipecat dari perusahaan tempatnya bekerja karena tidak mau melakukan penipuan keuangan dan berpindah-pindah rumah dari satu tempat ke tempat lain. 
Cita-cita Kim Sung Ryeong adalah pindah ke Denmark karena menurutnya Denmark adalah negara yang tingkat korupsinya paling rendah di dunia. Dalam mewujudkan cita-citanya itu, Kim Sung Ryeong yang biasa dipanggil Chief Kim, berusaha mengumpulkan uang sebanyak mungkin untuk pindah ke Denmark. Selama ini dia bekerja sebagai akuntan yang mengelola keuangan sebuah gengster yang mempunyai beberapa toko dan klub malam. Chief Kim terkenal dengan kejeniusannya dan kebiasaannya menilap uang dari manajer-manajer toko dan klub malam milik gengster tersebut. Beberapa kali dia ditahan untuk penyelidikan dan tuduhan penggelapan pajak, namun selama itu juga dia berhasil lolos dari hukuman karena polisi tidak menemukan bukti apa pun dalam catatan keuangan yang dikelolanya.

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Suatu hari, kepala gengster yang dipengaruhi oleh anak buahnya yang tidak suka pada Chief Kim, mulai gusar karena uangnya ternyata banyak digerogoti oleh Chief Kim. Mereka mulai memeriksa laporan keuangan dan menyita semua pembukuan yang dikelola oleh Chief Kim. Mereka berniat untuk mengalihkan pengelolaan keuangan ke akuntan lain dan berhenti menggunakan jasa Chief Kim. Sempat terjadi keributan antara Chief Kim dengan para gengster karena ternyata Chief Kim menyimpan salinan ledger pembukuan mereka untuk dia pergunakan sebagai senjata di kemudian hari, tetapi kericuhan itu dapat diatasi dan berakhir dengan baik. *Dengan sangat kocak, menurutku sih.*

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Sebelumnya, Chief Kim mendapatkan informasi dari sekretarisnya, Oh Kwang Sook (diperankan oleh Lim Hwa Young), bahwa sebuah perusahaan besar bernama TQ Group tengah membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Kepala Divisi dengan kualifikasi yang tidak terlalu berat. Diam-diam, Chief Kim melamar ke TQ Group dan ikut dalam test yang diselenggarakan oleh perusahaan tersebut dengan harapan jika dia diterima bekerja di persudahaan besar tersebut, maka cita-citantya untuk pindah ke Denmark lebih cepat terwujud. Chief Kim lulus test dengan hasil yang sangat baik dan dengan sedikit drama dia berusaha menyakinkan perusahaan untuk menerimanya sebagai karyawan. Pada akhirnya, Chief Kim diterima bekerja di TQ Group sebagai Kepala Divisi Operasional. Namun, tanpa sepengetahuannya, sebenarnya ada tangan-tangan kotor yang terlibat dan memang sengaja memilih Chief Kim untuk dijadikan boneka yang dapat mereka gunakan untuk mencapai tujuan mereka.

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Nam Sang Mi

Chief Kim Good Manager
Yoon Ha Kyung
Yoon Ha Kyung (diperankan oleh Nam Sang Mi) adalah seorang karyawan Divisi Operasional di TQ Group. Ha Kyung terkenal karena dia adalah karyawan yang jujur dan bersih. Tetapi Ha Kyung sering dipanggil oleh Kepala Manajemen Etika perusahaan karena sering bersitegang dengan orang-orang dari Divisi Akuntansi, terutama dengan Manajer Akuntansi,  Lee Kang Shik (Kim Min Sang). Divisi Operasional  selalu tidak akur dengan Divisi Akuntansi, hampir di setiap kesempatan mereka selalu berseteru. Manajer Divisi Akuntansi selalu merasa bahwa Divisi Operasional adalah sub unit dari divisinya dan dia selalu berusaha membuat Manajer Divisi Operasional, Choo Nam Ho (diperankan oleh Kim Won Hae), merasa kesal.

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Sebelum Chief Kim menempati posisinya di TQ Group, Kepala Divisi Operasional sebelumnya yang biasa dipanggil Chief Lee melakukan upaya percobaan bunuh diri, namun gagal. Saat ini, dia masih terbaring koma di rumah sakit. Chief Lee berusaha bunuh diri setelah dituduh menggelapkan dana perusahaan dan terlibat dalam perjudian ilegal. Karyawan Divisi Operasional termasuk Ha Kyung dan Manajer Choo tidak percaya bahwa Chief Lee menggelapkan dana perusahaan dan terlibat perjudian ilegal, mereka mengira Chief Lee tidak masuk kerja selama beberapa hari adalah karena dia sedang mengambil cuti untuk berlibur.
Divisi Operasional semakin menjadi bulan-bulanan Divisi Akuntansi yang mengatakan bahwa perusahaan menjadi kacau karena ulah Chief Lee. Ha Kyung dan Manajer Choo merasa ada sesuatu yang ganjil dari peristiwa tersebut.
Ha Kyung juga sempat ditawari oleh Jang Yoon Soo (diperankan oleh Lee Il Hwa), istri Ketua TQ Group, untuk menjadi salah seorang kepercayaaannya. Namun Ha Kyung menolak tawaran tersebut meskipun sebenarnya dia penasaran dengan apa yang terjadi pada atasannya dan mencium sesuatu yang mencurigakan dalam perusahaan.

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Ha Kyung yang sering mendapatkan teguran dan hukuman dari Kepala Manajemen Etika, secara tidak sengaja sebenarnya pernah bertemu dengan Chief Kim di sebuah minimarket ketika Chief Kim habis mengikuti ujian masuk perusahaan TQ Group. Pertemuan pertama mereka tidak meninggalkan kesan yang bagus di mata Ha Kyung. Begitu pula dengan pertemuan mereka yang kedua, yaitu ketika Chief Kim resmi diterima di perusahaan dan akan memulai hari pertamanya bekerja sebagai pengganti Chief Lee di divisi yang sama dengan Ha Kyung. Ha Kyung tidak tahu bahwa Chief Kim yang  menurutnya sangat urakan dan kurang ajar itu adalah calon Kepala divisinya. Ha Kyung sempat mengira bahwa Chief Kim adalah seorang penguntit yang membuntutinya sampai ke kantor. Sejak awal melihat resume calon Kepala Divisi mereka, orang-orang di Divisi Operasional  sudah menaruh rasa tidak suka dan tidak percaya terhadap Chief Kim. Menurut mereka, Chief Kim tidak memenuhi kualifikasi standar yang sesuai dengan kriteria yang biasanya ditetapkan oleh perusahaan. Pada awal dia mulai bekerja di divisi operasional, hampir semua karyawan menunjukkan sikap memusuhi dan tidak peduli kepada Chief Kim.

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Lee Jun Ho

Chief Kim Good Manager
Seo Yeol
Sebelum memulai karirnya di TQ Group sebagai Direktur Keuangan, Seo Yeol (diperankan oleh Lee Jun Ho) adalah seorang jaksa dari Kantor Jaksa Distrik Pusat Seoul yang spesialisasinya adalah dalam hal-hal yang berkaitan dengan kejahatan keuangan (penggelapan pajak, penipuan akuntansi, korupsi, dan lain-lain). Seo Yeol terkenal sebagai jaksa yang kompeten dan hampir selalu berhasil mengungkap kejahatan-kejahatan keuangan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Namun, kali ini Seo Yeol tidak mau terlibat dalam penyelidikan yang melibatkan TQ Group. Ketika juniornya meminta bantuan kepada Seo Yeol, dia menampik dan berkata bahwa TQ Group adalah perusahaan yang terlalu besar dan kuat untuk diganggu oleh penyelidikan yang dilakukan kejaksaan. Dia berpendapat bahwa juniornya yang menangani penyelidikan tersebut akan gagal. 

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Seo Yeol diam-diam ternyata menjalin hubungan baik dengan Ketua TQ Group, Park Hyun Do (diperankan oleh Park Young Kyu) dan kemudian memutuskan untuk berhenti menjadi jaksa dan bergabung dengan TQ Group. Seo Yeol juga yang memberi saran kepada Ketua Park untuk merekrut seseorang yang baru sebagai ganti Chief Lee yang dapat dijadikan alat oleh mereka untuk menjalankan politik kotor perusahaan. Seo Yeol tidak disukai oleh Direktur Esekutif TQ Group, Min Young (diperankan oleh Seo Jung Yeon) yang merasa bahwa teritori dan kebijakannya diserobot secara arogan oleh Seo Yeol. Beberapa kali mereka berselisih pendapat, termasuk tentang perekrutan Chief Kim sebagai Kepala Divisi Operasional yang baru.

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Seo Yeol mengenal Chief Kim yang berkali-kali ditangkap polisi ketika dia masih bekerja untuk gengster, sebagai seseorang yang pandai dan licin yang beberapa kali lolos dari jeratan hukum. Oleh karena itu, ketika Seo Yeol membaca nama-nama pelamar yang lolos ujian serta wawancara dan menemukan Chief Kim sebagai salah satu kandidat, dia langsung merekomendasikan Chief Kim agar diterima masuk di TQ Group. Seo Yeol bekerja sama dengan beberapa orang dari Divisi Akuntasi, termasuk Manajer Lee, untuk melakukan sesuatu yang merugikan perusahaan. Chief Kim bahkan dibebaskan untuk melakukan korupsi sebanyak yang dia mau asalkan tidak ketahuan. Sebagai imbalannya, Chief Kim harus patuh dan mengerjakan semua perintah Seo Yeol melalui Manajer Lee tanpa banyak omong dan pertanyaan.

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Jung Hye Sung

Chief Kim Good Manager
Hong Ga Eun
Hong Ga Eun adalah seorang intern atau pegawai magang yang masuk ke TQ Group hampir bersamaan dengan bergabungnya Chief Kim dan Seo Yeol di perusahaan tersebut. Tidak lama setelah Seo Yeol mengudurkan diri sebagai jaksa, juniornya yang tengah menyelidiki dugaan kejahatan keuangan yang melibatkan TQ Group, Han Dong Hoon (diperankan oleh Jung Moon Sung), merekrut penyidik baru yang masih misterius. Sepertinya dia tidak menyerah dalam menyelidiki dugaan kejahatan keuangan di TQ Group meskipun salah seorang informannya saat itu sedang dalam keadaan koma, menyebabkan upaya penyelidikan menjadi terhambat. Tidak lama setelah direkrutnya penyidik baru di Accounting Crime Team 3 di kejaksaan, Ga Eun memulai hari pertamanya bekerja sebagai staf magang di divisi akuntansi TQ Group. 

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

Hong Ga Eun digambarkan sebagai staf magang yang sangat bersemangat namun ceroboh. Pada saat Chief Kim tengah bertemu dengan Manajer Lee dan beberapa staf dari Divisi Akuntansi di ruang meeting untuk membicarakan tugas pertama Chief Lee dari Seo Yeol, secara tidak sengaja Ga Eun menumpahkan kopi yang tengah dibawanya ke lantai. Meskipun tidak terlihat, tetapi sepertinya staf magang tersebut mencuri dengar percakapan antara Manajer Lee dan Chief Kim. Bukan tidak mungkin Ga Eun adalah informan yang ditempatkan oleh Jaksa Dong Hoon untuk mencari informasi yang berkaitan dengan penyelidikannya.

Chief Kim Good Manager

Chief Kim Good Manager

*    *    *

Drama yang mempunyai judul lain Good Manager ini sekilas seperti drama yang bergenre crime & legal. Namun, sebenarnya drama ini  adalah drama komedi yang bercerita tentang kehidupan dalam dunia kerja beserta intrik-intrik yang terdapat di dalamnya. Beberapa adegan dalam Chief Kim mungkin terkesan makjang alias berlebihan, tetapi sebenarnya di situlah letak kelucuannya. Chief Kim yang mempunyai pembawaan santai dan seperti tidak peduli pada orang lain sebenarnya adalah seseorang yang cerdik dan tidak suka pada sesuatu yang bertentangan dengan hati nuraninya. 

Drama ini tayang di stasuin tv KBS2, setiap hari Rabu dan Kamis pukul 22.00 KST sebanyak 20 episode.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar