Enter your keyword

Juli 31, 2017

Sneak Peek: Falsify

Chingudeul, sebagai penonton kdrama, kita tau dong, betapa banyaknya drama yang rilis di Korsel sana. Nah, untuk bahan pertimbangan chingudeul sebelum menonton, kami akan membuat semacam review singkat dari dua episode awal drama yang kami tonton. Tapi tentu saja karena review kdrama biasanya bersifat subyektif, kami harap chingudeul jangan langsung memutuskan untuk nggak nonton kdrama tersebut setelah baca review-nya, soalnya masalah selera kan, berbeda-beda. Semoga postingan ini membantu, ya. Review ini akan berada pada label Sneak Peek.

Annyeong, chingudeul!
Lama banget ya nggak ada Sneak Peek. Miminnya lagi sibuk banget soalnya dengan drama kehidupan nyata, mianhae....
Tapi sekarang udah agak mendingan kok, jadi bisa bikin lagi. Yeaaaaayyy....
Semoga ada yang baca, ya :)
Hari ini aku mau bahas drama terbaru Nam Goong Min, judulnya Falsify.
Bakal jadi review yang agak njelimet karena aku nulisnya nggak berdasarkan urutan waktu, tapi hasil nonton dulu terus baru bikin ringkasannya. So, bear with me, okay :)
Han Moo Young (Nam Goong Min), calon bintang judo yang sedang bersinar, tiba-tiba diberitakan menggunakan obat-obatan terlarang. Kabar itu memenuhi koran dan portal-portal online.

Falsify korean drama
Han Moo Young

Falsify korean drama

Padahal sebenarnya Han Moo Young baru saja mengajukan kasus dugaan kecurangan pelatihnya dalam pertandingan. Sayangnya, si pelatih ternyata sepupu jaksa agung. Itu sebabnya Han Moo Young difitnah seperti itu. Teman-temannya juga tak ada yang bersedia jadi saksi.

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Han Moo Young memutuskan pergi menemui jaksa yang menangani perkaranya, tapi dilarang masuk ke gedung peradilan. Di depan gedung itulah ia bertemu Yang Dong Shik (diperankan Jo Hee Bong) yang memperkenalkan dirinya sebagai wartawan jackal dari koran Aeguk.
Yang Dong Shik tau yang sebenarnya terjadi pada Han Moo Young. Ada dokter yang menyuntikkan obat itu ke Han Moo Young. Mereka menemukan dokter itu di tempat golf dan berhasil menangkapnya.

Falsify korean drama
Yang Dong Shik

Tapi dokter itu dibebaskan dengan jaminan dari Jeon Chan Sun (diperankan Jeon Mang Sik), letnan polisi yang sebetulnya juga kaki tangan penjahat.
Dokter tadi dibutuhkan untuk menyediakan obat-obatan tertentu sebagai "barang bukti" bahwa seseorang mengidap demensia.

Falsify korean drama
Jeon Chan Sun

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Falsify korean drama

 Falsify korean drama

Seseorang itu adalah Chairman Min yang baru-baru ini diberitakan memberi suap, tapi kemudian menghilang. Ternyata sebelum menghilang, Chairman Min sempat menemui Splash Team, tim investigasi terbaik dari koran Daehan untuk memberikan daftar nama orang-orang yang menerima suap. Tapi daftar itu belum semua, karena Chairman Min ingin melihat dulu bagaimana kasus ini diselesaikan oleh Splash Team.
Dalam rekaman itu, Chairman Min menyebut soal "Tirai hitam yang mengontrol negeri ini."

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Splash Team sendiri dipimpin oleh Lee Seok Min (diperankan Yoo Jun Sang), wartawan idealis yang berambisi membuka semua borok politisi Korsel (atau seenggaknya terlihat seperti itu. Gara-gara nonton dia di Pied Piper dan melihat gimana bagusnya akting dia punya kepribadian berlapis, aku tetep suujon dia punya motif lain).
Splash Team langsung menuju kantor jaksa untuk membuat perjanjian membolehkan penyelidikan, sebab dalam daftar Chairman Min terdapat nama jaksa kepala dari Kantor Pusat Kejaksaan, alias atasan mereka sendiri. Mereka menyanggupi.

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Falsify korean drama
Lee Seok Min

Sayangnya, berita bagus itu justu dikhianati atasan mereka sendiri, pemimpin koran Daehan, Go Tae Won (diperankan Moon Sung Geun).
Dia yang memerintahkan Jeon Chan Soo membebaskan dokter tadi. Dia juga menyuruh Jo Young Ki (diperankan Ryu Seung Soo) untuk membunuh Han Chul Ho (diperankan Oh Jung Se).
Nah, Han Chul Ho ini abangnya Han Moo Young.

Go Tae Won

Jo Young Ki
Han Chul Ho

Saat berita tentang Chairman Min dirilis, Han Chul Ho sedang ada di luar kota. Begitu dia pulang dan melihat berita itu muncul eksklusif di koran Daehan, dia langsung menelepon Lee Seok Min dan memintanya menarik berita tersebut.
Nggak lama kemudian, di TV disiarkan berita tentang ditemukannya jenazah Chairman Min di dalam mobil dan "bukti" bahwa ia mengidap demensia. Hal ini membuat publik meragukan pernyataannya tentang daftar orang-orang tadi. Akhirnya pernyataan itu dianggap tidak bisa dijadikan bukti.
Melihat ini, Lee Seok Min yakin Han Chul Ho mengetahui sesuatu yang nggak ia ketahui, Lee Seok Min membongkar paksa laci meja Han Chul Ho dan menemukan catatan kesehatan Chairman Min di sana.
Ia juga membuat pernyataan yang mengejutkan semua anggota timnya, bahwa Han Chul Ho juga pernah membuat berita palsu sebelumnya.

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Han Chul Ho sempat pulang dan ngobrol dengan adiknya, bahkan sempat berkata ingin mengundurkan diri dari profesinya dan bergabung dengan Yang Dong Shik. Setelah itu, ia meracau tentang "Artikel yang nggak seharusnya ditulis" dan bahwa dia harus mengungkapkan kebenarannya.
Han Moo Young akhirnya menemani abangnya keluar. Mereka pergi ke mini market. Di sana, Han Moo Young mencoba menghubungi Lee Seok Min, tapi teleponnya tak diangkat.
Han Moo Young juga sempat bertabrakan dengan seseorang yang lebih tinggi darinya. Orang itu membawa-bawa lighter dan memainkannya. Orang itu keluar duluan. Saat Han Moo Young keluar dari mini market, Han Chul Ho mendekat. Saat itulah ia ditabrak truk. Anehnya, truk itu nggak langsung pergi, tapi mengeluarkan tangannya dan memainkan lighter.

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Kasus itu segera ditutup karena ada orang yang mengaku di pengadilan bahwa ia yang menabrak. Tapi perawakannya berbeda jauh dengan orang yang ditemui Han Moo Young. Ia membicarakan keraguannya pada Lee Seok Min, tapi mungkin karena kecewa atau ada alasan lain (teteup suujon) Lee Seok Min minta Han Moo Young berhenti sampai di sini.

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Sampai di rumah, Han Moo Young melihat si pembunuh ada di kamar abangnya, bawa tas ransel. Han Moo Young mencoba menangkapnya, lalu pembunuh itu menusuk perutnya sambil mengatakan bahwa abangnya mati karena, "Terlalu sering mengikutiku."
Dari situlah Han Moo Young yakin abangnya dibunuh karena artikel yang pernah ia tulis. Han Moo Young pun memutuskan bergabung dengan koran Aeguk.
Satu lagi petunjuk yang ia miliki tentang si pembunuh: tato di pergelangan tangannya. Ia bertekad akan mengusut satu demi satu artikel yang pernah ditulis abangnya demi menemukan alasan di balik terbunuhnya Han Chul Ho.

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Falsify korean drama

Falsify korean drama


Lima tahun kemudian.
Sejak kasus Chairman Min, Splash Team dibubarkan dan Lee Seok Min dipindahkan ke bagian sejarah. Kebayang kan, biasanya wara-wiri ngeliput ke luar, terus sekarang harus di belakang meja. Bos-bos di Korsel pinter-pinter banget ngasih hukuman. Mungkin mereka pikir Lee Seok Min bakal mengundurkan diri. Tapi mana mungkin seorang Lee Seok Min melakukan itu (haduh, ketauan banget ya aku berkubu ke mana? Hehehe... Soalnya suka aktingnya Yoo Jun Sang yang berlayer itu ^^)
Lee Seok Min masih sering mencuri-curi ikut liputan keluar, kadang dibantu salah satu mantan anggota Splash, fotografer Oh Yoo Kyung (diperankan Jeon Hye Bin).



Oh Yoo Kyung
Kwon So Ra (diperankan Uhm Ji Won), jaksa yang dulu diminta Han Moo Young menyelidiki kasus pelatihnya, dipindahkan ke Jeju karena dianggap melawan atasan. Saat kasus Chairman Min, Kwon So Ra tetap kekeuh menangkap jaksa kepala.
Dengan memendam kekecewaan (ciyeh bahasanya...) Kwon So Ra pindah ke Jeju dan kemudian menjadi jaksa sukses.
Ada satu kasus yang akan mempertemukan mereka bertiga.

Kwon So Ra




Falsify tayang sejak tanggal 24 Juli 2017 setiap hari Senin dan Selasa pukul 22.00 KST sebanyak 32 episode. Masing-masing episode berdurasi 30 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar