Enter your keyword

April 20, 2015

My Version of 2014's Best K-Drama

Tahun 2014 memang sudah lewat, makanya sekarang aku mau bahas k-drama tahun 2014 yang sudah bikin aku bersemangat, tertawa, tergerak, terenyuh, kagum, terinspirasi, dan pada akhirnya terhibur. Dari sekian banyak judul drama dan beragam genre, jika bisa membuat award-award an seperti TV-TV Korea, I think these are my nominees for Best K-Drama of 2014.



5. My Love from the Stars
http://www.kofan.com/wp-content/uploads/2014/01/image_thumb621.png

Kalau bukan karena 'hasutan' seorang teman, aku mungkin akan melewatkan drama ini begitu aja. Premise-nya aja sudah bikin aku waktu itu ber-rolling eyes dan nggak percaya seorang Kim Soo Hyun mau main drama ini. I mean, cerita tentang seorang Alien yang jatuh dari surga ... eh ...  planet antah berantah dan hidup di bumi selama ratusan tahun dari zaman Joseon sampe hari gini terus tetanggaan dengan artis kondang yang sok dan disebelinnya yang ternyata adalah reinkarnasi dari gadis kecil yang pernah ia tolong pada zaman Joseon terus kemudian jatuh cinta setengah mampus sampe galau akut kek gitu mau kutonton? Ahhh, yang bener aja!!

Tapi akhirnya aku tonton juga, sih.. #heol

Mungkin karena aku kualat kali atau gimana, ternyata aku menikmati drama 21 episode ini. Iyah, premisnya memang sangat cheesy, tapi cerita dan konfliknya sangat bikin penasaran, deg-degan, sekaligus juga lucu di beberapa kesempatan yang tepat. Para writer-nim dan sutradaranya tahu banget menyeimbangkan drama dan komedi. Mereka tahu aja gimana memainkan perasaan dan emosi penonton dengan memainkan alur dan elemen surprise di antaranya. Kim Soo Hyun si alien selain punya kemampuan super bisa teleport (Harry Potter lewat deeh, Do Min Joon dong, bisa lintas planet), dia juga punya kemampuan super... SUPER GALAU. Kalau dia sudah kek gini, kita bisa apa coba?

Dan kupikir, drama ini nggak bakal megang banget kalau bukan karena Jun Ji Hyun sebagai Cheon Song Yi, si top superstar yang gayanya diva abis, sering pengin keliatan gaya dan intelek, tapi malah lebih sering salah istilah. Siapa yang bisa lupa bagaimana Cheon Song Yi sok ngomong English-British cuma karena katanya dia belajar dari native speaker. Atau betapa polosnya dia bilang,"Oops... sawry...." setelah nggak sengaja mecahin keramik antik zaman Joseonnya Do Min Joon.
Dan yang paling parah pas Cheon Song Yi teriak-teriak di tebing cuma buat ngetes pendengaran supernya Do Min Joon. Seriously, aku nggak pernah kepikiran ada artis yang bisa berakting serius, sok, paranoid, konyol, romantis dalam satu karakter dan nggak takut keliatan jelek seperti Jun Ji Hyun.

Chemistrynya dengan Kim Soo Hyun juga dapeeeeet... banget. Padahal dia termasuk noona buat Kim So Hyun. Nasibmu, Nak, dapat lawan main noona-noona cantik melulu, yaah. Bagaimanapun, Do Min Joon dan Cheon Song Yi bisa menjadi salah satu couple favorit juga di tahun 2014. Salah satu? Iyah... karena masih ada yang ini....

4. Fated To Love You

http://0.viki.io/c/23484c/75062af555.jpg?x=b&s=590x330&q=h&e=t&f=t&cb=1
Fated To Love sebenarnya adalah drama remake dari drama Taiwan yang dibuat tahun 2008. Premisnya seorang chaebol yang eksentrik tapi baik hati menghamili seorang karyawan penurut yang kerap dijuluki 'post it girl' gara-gara one night stand yang tidak disengaja. Satu hal yang bikin aku tertarik adalah tawa menggelegarnya Lee Gun. Gayanya yang ekstrentik emang ganggu banget tampaknya, tapi kalau dia sudah ketawa apalagi sekretaris pribadinya nambah-nambahin, sudah deh, makin cetar membahana aja.
Di episode dua, aku malah sudah jatuh hati aja dengan karakter Lee Gun yang ternyata berhati lembut dan sayang nenek banget. Walaupun dia sering banget disirikin mama tirinya, dia sih cuek aja.

Sebagai aktor yang sudah malang melintang di dunia akting, Jang Hyuk tidak mengecewakan. Chemistry dengan Jang Nara juga pas banget, mungkin karena Jang Hyuk dan Jang Na Ra sudah  pernah bekerja bareng sebelumnya (Succesfull Story Of a Bright Girl, 2002), mungkin juga karena sudah profesional jadi gampang aja masuk ke dalam karakter masing-masing, atau mungkin juga keduanya.

Yang jelas, Jang Hyuk dan Jang Na Ra ini sudah memperlihatkan kedalaman emosional mereka di layar. Jadi walaupun pada akhirnya di tengah-tengah cerita ada kejadian Lee Gun sempat amnesia (k-drama zaman dulu banget, sih. Semacam sinetron Indonesia aja gitu), pada akhirnya saya 'memaafkan' drama ini. Sampai kasian gitu ngeliat Lee Gun sesenggukan karena teringat janin mereka yang keguguran. Ah, memang saya gampang jatuh iba sama ahjussi ganteng sepertinya. Apalagi Lee Gun ceritanya ganti style rambut dari model poni panjang ke cepak spike jambul. Walau model rambut sudah berubah, ketawa masih tetap cetar membahana dong....

3. Marriage Not Dating

http://i4.minus.com/ibvCvbxHxiOaCO.jpg
K-drama yang satu ini saya tonton pararel dengan Fated To Love You yang tayang Rabu-Kamis. Berhubung Marriage Not Dating tayang di TvN setiap Jumat-Sabtu, itu artinya Kamis-Minggu hidupku penuh drama. Hahaha... nggak apa-apalah, secara drama yang ini ceritanya menarik.

Jadi ceritanya gini....
Ada cewek, namanya Jang Mi, yang kebelet banget pengin nikah. Bukan karena sudah sering ditanyain,"Kapan nikah?" tiap lebaran (eh, oiya Jang Mi gak lebaran) tapi dia gerah aja liat orangtuanya yang perkawinannya kacau banget sampai mereka hanya berkomunikasi lewat teks dan terancam cerai. Ketakutan Jang Mi hidup sendiri membuat dia pengin buru-buru nikah, sayangnya dia belum dilamar-lamar juga sama pacarnya. Nekatlah dia buat event di kamar hotel, sok romantis untuk melamar pacarnya itu. Sayangnya si pacar, Hoon Dong masih pengin bebas aja.

Sementara itu ada cowok ganteng, dokter yang buka klinik kecantikan di Gangnam sudah dipaksa-paksa menikah sama mamanya. Cowok ganteng ini, Gong Gi Tae sebenarnya adalah sahabat Hoon Dong, pacarnya Jang Mi tadi. Gong Gi Tae sudah sempat punya pacar (dokter juga) tapi sudah putus dan masih betah jomblo. Beda dengan Jang Mi yang kebelet nikah, Gong Gi Tae ini alergi banget dengan pernikahan. Bukan karena dia playboy, tapi lebih karena dia suka aja hidup sendiri di apartemennya. See the cute combination of couple?

Takdir akhirnya mempertemukan mereka dan secara tidak diduga malah menimbulkan kesalahpahaman. Ibu Gong Gi Tae mengira Jang Mi adalah pacar Gong Gi Tae dan memintanya datang ke rumah. Dia nggak tahu aja Jang Mi ini sedang berurusan dengan pengadilan dengan tuduhan me-stalking dan meneror mantan pacar.
Gi Tae, yang membantu Jang Mi sebagai saksi memutuskan untuk meminta Jang Mi sebagai pacar palsunya dengan pemikiran kalau Jang Mi bisa bersikap tidak sopan di depan ibunya, maka sang ibu akan tidak setuju bermenantukan Jang Mi. Kalau sudah begitu Gi Tae tinggal bilang,"Saya nggak akan menikah kalau bukan dengan Jang Mi." Case closed!

Tapi kalau kejadiannya kayak gitu, k-drama ini akan berakhir di episode dua aja kali yah (which is impossible). Sepintar-pintarnya Gi Tae, ibunya lebih jago. Sekeras kepala Jang Mi, ibu Gi Tae lebih keras lagi. Hubungan palsu mereka akhirnya jadi berlarut-larut sampai akhirnya sejalan waktu sedikit demi sedikit mereka saling mengenal kepribadian bahkan keluarga masing-masing  and you know, the rest is classic yet refreshing.

Romantis komedi (romcom) adalah salah satu genre yang paling umum di k-drama. Tapi hampir setiap romcom drama Korea dimulai dengan opening yang  lucu dan berakhir dengan  mellow yang lebih serius. Tapi drama ini berhasil menghadirkan  bagian-bagian yang lucu di seluruh cerita. Di setiap episode ada aja yang bikin ngakak. I mean, di mana bisa menemukan drama yang menceritakan pemeran utamanya mencret di celananya dan baunya sampai kecium pemeran utama prianya dalam adegan yang seharusnya romantis?

Kalau terbiasa dengan cinta segitiga, maka di Marriage Not Dating kita temukan cinta segi banyak tidak beraturan. Sama nggak beraturannya dengan interaksi Jang Mi-Gi Tae yang terkadang absurd sampai bikin ngakak. Marriage Not Dating adalah salah satu K-drama TvN yang segar, nggak bikin susah tapi bisa nyentil perasaan banget tentang hubungan ibu dan anak.

2. Discovery Of Romance

https://31.media.tumblr.com/f9e054cebfab157d5178b0febbd4a7df/tumblr_na3deb4rPo1sz568uo3_r2_1280.jpg

Ceritanya lumayan seru sih. Discovery of Romance ini adalah tentang masa lalu yang datang kembali di saat sedang bahagia-bahagianya dengan masa kini dan membuat rencana masa depan yang sudah disusun rapi jadi berantakan.

Adalah Han Yeo Reum, si pembuat furnitur kayu datang ke lobby sebuah hotel untuk  merusak blind date Nam Ha Jin (pacar saat ini). Walaupun sudah setahun pacaran, sebenarnya Yeo Reum belum dapat lampu hijau dari ibu Ha Jin. Makanya Ha Jin sering banget diaturkan blind date oleh ibunya which is dijalaninya hanya karena menghargai sang ibu. Hatinya sih, tetap milih Yeo Reum. Cieee....
Biar begitu, tiap kali Ha Jin janjian blind date, Yeo Reum  selalu ikut mengawasi. Gila aja, pacar cakep tinggi kek model, dokter klinik kecantikan di daerah Gangnam pula (eh jangan-jangan tetanggaan ama Gi Tae nih?) masa dilepasin gitu aja.

Nggak sengaja, Yeo Reum semeja dengan Kang Tae Ha, sang mantan pacar yang lama nggak ketemu. Karena kaget, nggak sengaja smartphone mereka tertukar. Kang Tae Ha yang masih sering kepikiran Yeo Reum jadi punya alasan untuk ketemuan lagi kan, jadinya. Walaupun masih kesel dengan tabiat Tae Ha yang sering mengecewakan pas mereka pacaran dan karena sudah punya pacar baru, Yeo Reum  mau nggak mau memenuhi ajakan Tae Ha untuk ketemuan. Malah karena mabuk sampai nginap di rumah Tae Ha segala, pake acara ditelepon pula sama Ha Jin yang sudah ada di depan pagar rumah Yeo Reum.

Dibantu dua orang teman sekostnya, Yeo Reum berupaya agar Ha Jin nggak tahu dia ada di mana. Sepanjang Yeo Reum dan Ha Jin pacaran setahun itu memang sih, nggak sekali pun Ha Jin marah padanya karena Ha Jin punya stok sabar yang banyak buat Yeo Reum. Tetap saja masalah nginap di rumah mantan pacar is a big no no to tell ke pacar yang sekarang, kan? Cerita masa lalunya dengan Kang Tae Ha harus tetap menjadi rahasia.

Dan menutupi rahasia itu sangat berat adanya, apalagi kalau sang mantan sering muncul tanpa diundang. Kang Tae Ha menawari proyek furnitur interior cafe pada Yeo Reum. Yeo Reum serba salah. Diterima, berarti tiap hari dia akan ketemu Tae Ha. Nggak diterima, usahanya lagi butuh duit banget. Untuk mengurangi rasa bersalah, Yeo Reum pun minta izin pada Ha Jin whether she should take the offer or not. Ha Jin malah menganggap tawaran itu adalah kesempatan bagi Yeo Reum  untuk berkembang. Dia nggak tahu aja kalau tawaran itu datangnya dari mantan pacar Yeo Reum yang sebenarnya pengin ngajak balikan. Diam-diam, Yeo Reum merasa bersalah. Little that she knows sang pacar juga punya rahasia juga, dan itu ada hubungannya dengan seorang perempuan bernama Ahn Ah Rim.

I'm totally Yeo Reum-Ha Jin shipper. I can't help but enjoyed kebohongan-kebohongan polos dari kedua belah pihak yang sebenarnya nggak pengin bohong. Kesabaran sampai marah dan baikan ala Yeo Reum dan Ha Jin selalu aja bikin iri.

Tambahan dua karakter  Do Joon Ho dan Yoon Sol (sahabat Yeo Reum dan Ha Jin) dengan permasalahan masing-masing yang sangat komikal juga membantu k-drama ini nggak melulu seputar rahasia masa lalu. Discovery of Romance juga menyorot sisi lain dari mendengarkan suara hati dan menemukan cinta yang pas. Dan itulah titik kunci dari rahasia, kebetulan, kesalahpahaman, dan ketulusan dari 16 episode drama ini.

1. Misaeng

https://mandhut.files.wordpress.com/2014/12/misaeng-poster-1.jpg


List ini nggak bakal lengkap tanpa menyebut drama yang selesai tayang di TvN tanggal 20 Desember 2014 lalu. Bagiku, Misaeng adalah the best drama sepanjang 2014, or should I say, sepanjang aku nonton k-drama. 

Sentra point Misaeng ini adalah seorang karyawan magang baru bernama Jang Geu Rae (Im Siwan). Masa kecil hingga remaja dihabiskan untuk serius menjadi pemain baduk profesional sampai akhirnya ayahnya meninggal dan dia menjadi tumpuan hidup ibunya. Tak ada jalan lain selain drop out dari sekolah dan bekerja serabutan mulai dari pengantar makanan di pagi hari, driver cabutan di malam hari, pekerja minimart di pagi buta sampai menggantikan tugas orang lain menjadi pembersih sauna. Apa pun!

Di sela-sela pekerjaannya, dia masih menyempatkan diri mempelajari strategi bermain baduk. Sayang, sekuat apa pun dia berusaha, lelah dalam bekerja bisa mempengaruhi konsentrasi dalam bermain. Jang Geu Rae gagal dalam pertandingan yang bisa memberinya beasiswa. Dia pun sampai pada satu kesimpulan: harus ada yang dikorbankan antara mencari makan dan impian menjadi pemain baduk profesional, dan Jang Geu Rae memilih melupakan impiannya. Dia bekerja keras, terkadang malah sangat keras. Untungnya melalui seseorang yang cukup berpengaruh yang dikenal ibunya, Geu Rae berhasil mendapatkan tempat sebagai karyawan magang di perusahaan perdagangan terkenal, One International. And that's where the story goes....

It is such an unexpected surprise. Korea bikin drama perkantoran yang purely tentang pekerjaan dan nggak ada cinta-cintaan segi tiga apalagi segi banyak? Ah, yang bener aja.... Tapi begitulah adanya Misaeng. 
Misaeng adalah tentang kesempatan kedua, tentang hidup, tentang belajar hal-hal baru tentang diri sendiri, tentang menempa diri melalui hal yang berat, dan menemukan sahabat di antara kerasnya kehidupan. Cerita yang tidak mengada-ada, tidak ada 'keajaiban' dalam menyelesaikan masalah ala drama Korea, related pada kebanyakan orang. Seriusnya ada, lucunya dapat, minus romance menye-menye nggak penting. Pas banget! Cerita dan plotnya bikin betah nonton. Penulis skenario dan sutradara serta seluruh crew berusaha keras memberi cerita dan tampilan layar yang menarik. Aku belum pernah disodorin begitu beragamnya karakter dalam cerita berlapis sepanjang 20 episode. Aku ikut tertawa, terharu, merasa bangga sekaligus terinspirasi dan banyak belajar dari karakter-karakter yang ada. Hanya satu kata : DAEBAK!



-Vita-

2 komentar:

  1. Trimakasih info ny mba,,dari 1-5,, no 1 yg belom di tonton..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaahh.. berarti yang empatnya udah, ya? Daebak, tosss sama Mimin ^^

      Hapus