Drama-Drama Sukses Kim Eun Sook - My Korean Drama

April 18, 2016

Drama-Drama Sukses Kim Eun Sook

Annyeong, chingudeul!
Mumpung masih hangat kehebohan Descendants of The Sun, aku mau ngebahas sedikit tentang perempuan bertangan dingin di balik semua kesuksesan itu. Namanya Kim Eun Sook. Dialah script writer yang berjasa membawa demam KaptenYoo Shi Jin dan Descendants of The Sun hingga mendunia.
Tapi, apakah Descendants of The Sun adalah karya pertama Kim Eun Sook? Ternyata enggak. Tercatat sejak tahun 2003, sudah 10 drama yang menggunakan naskahnya. Empat di antaranya meraih rating gila-gilaan: Secret Garden, Gentleman's Dignity, The Heirs, dan yang paling baru, Descendants of The Sun.

Kim Eun Sook

Kira-kira, apa ramuan rahasia Kim Eun Sook sehingga skenarionya begitu melejit saat dituangkan dalam drama?
Dari hasil pengamatanku, ada lima hal ini yang membuat banyak perempuan tergila-gila pada drama-drama Kim Eun Sook. Tentu di luar akting para pemainnya, ya. Itu mah nggak usah dibahas lagi. Skenario sebagus apa pun kalo nggak didukung akting aktor/aktrisnya ya percuma aja :)
Aku juga nggak akan bahas OST-nya walaupun emang OST drama-dramanya Kim Eun Sook semuanya memorable :)
Catatan: yang aku tulis ini bukan pengamatan ilmiah ya, jadi silakan tambahkan kalau menurut kalian ada yang kurang :)

1. Semua Lead Male Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama

Secret Garden

Kim Joo Won (diperankan Hyun Bin), chaebol yang hobi pakai sport suit bling-bling norak dan punya phobia berada dalam ruang sempit, makanya ia menghindari lift.
Gil Ra Im (diperankan Ha Ji Won), stunt woman yatim piatu yang kelihatan keras, padahal punya jiwa fangirling juga.
Kim Joo Won datang ke lokasi syuting, melihat Gil Ra Im sedang beraksi dan jatuh cinta pada detik itu juga.

Secret Garden
Secret Garden

Gentleman's Dignity

Kim Do Jin (diperankan Jang Dong Gun), arsitek tajir berusia 40 tahun, sama sekali tak terpikir untuk menjalin hubungan serius dengan perempuan mana pun, ternyata malah jatuh cinta dengan Seo Yi Soo (diperankan Kim Ha Neul), guru Etika di SMA yang cintanya bertepuk sebelah tangan dengan sahabat Kim Do Jin.
Kim Do Jin di dalam kafe menunggu pacarnya datang, kemudian hujan turun. Di luar, Seo Yi Soo berteduh. Satu kali tatap mata, Kim Do Jin pun jatuh cinta.

Gentleman's Dignity

The Heirs

Kim Tan (diperankan Lee Min Ho), duduk di kafe. Di luar, ada Cha Eun Sang (diperankan Park Shin Hye) sedang bertengkar dengan kakak perempuannya, kemudian kopernya jatuh terbuka. Eun Sang memunguti barang-barangnya sambil menangis. Saat itu pun, hati Kim Tan ikut jatuh.

The Heirs

Gara-gara Kim Eun Sook, tiap kali aku berteduh dari hujan ataupun memunguti barang di jalanan nggak akan lagi terasa sama.

Descendants of The Sun

Kapten Yoo Shi Jin (diperankan Song Joong Ki) dari Tim Alpha pergi ke UGD rumah sakit gara-gara tukang copet. Di UGD, ia bertemu dokter Kang Mo Yeon (diperankan Song Hye Kyo) yang sempat curiga kalau dia termasuk komplotan penjahat.
Saat dokter Kang Mo Yeon menarik tirai, saat itulah Yoo Shi Jin jatuh cinta.

Descendants of the Sun

2. Semua Lead Male Pandai Berkata-kata

Dalam arti: gombal. Nggak perlu dijelaskan lagi ini mah, bisa tonton aja salah satu atau semua drama Kim Eun Sook. Gombalnya tuh yang bener-bener nyenengin hati perempuan pada umumnya sih menurutku, hehehe...

3. Build Romance yang Bagus

Biasanya dibangun dengan cara yang kocak campur romantis. Nggak mungkin dipaparkan satu-satu, tapi kalau kamu udah nonton satu aja dramanya Kim Eun Sook, kamu pasti ngerti ^^

4. Couple Tokoh Pendamping yang Nggak Kalah Unyu 

Secret Garden
Yoon Seul - Oska di Secret Garden
Gentleman's Dignity
Choi Yoon - Im Meari di Gentleman's Dignity
The Heirs
Yoon Chan Young - Lee Bo Na di The Heirs
Descendants of The Sun
Seo Dae Young - Yoon Myeong Joo di Descendants of The Sun
5. Diciptakannya Kisseu Jenis Baru

Secret Garden
The Foam Kiss
Gentleman's Dignity
Under the Cherry Kiss
Doughnut Kiss
The Doughnut Kiss
The Wine Kiss
The Wine Kiss
Nah, segitu aja sih dari pengamatanku yang bikin drama-drama Kim Eun Sook laris manis di pasaran. Ada yang mau tambah? Silakan ya di kotak komentar :)


-Della-

Share with your friends

5 komentar

  1. Iya bener banget! Biasanya di seperempat total episode, penulisnya itu seakan-akan bisa bikin penonton nggak fokus sama jalan ceritanya tapi malah fokus ke lovey-dovey mereka, wkwk. Menurutku sih gitu, :D tapi semua drama Kim Eun Sook ini emang luar biasa!

    BalasHapus
  2. kdrama on air ga disebut. drama On Air juga ratingnya bagus diatas 20% masa penayangannya.pemainnya tante Kim Ha Neul sama Lee Beum Soo. tapi dramanya ga terlalu cheesy macem the heirs ato Dots (sampe nyerah ntn Dots diepsiod 4 hahaha ga kena syndrom si kapten) . tapi ending yg paling nyebelin disemua drama kim eun sook yaa yang Lovers In Paris. gagal paham wkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya chingu, makasih masukannya. Sengaja dipilih empat terbaru aja soalnya takut kepanjangan, hihihi..
      On Air tayang 2008 kan ya? :)
      Aku juga nggak suka ending Lovers in Paris, tapi aku tetep suka eksekusi KES di situ ^_^

      Hapus
    2. iyaa tahun 2008 ditayangin di O Channel berkali2 tapi tetep ga bosen. darisitu jd suka sama KHN , ngubek2 infonya wkwkwkk

      iyaa ibu saya sampe suka peran park shin yang disitu. btw park sin yang kalo main drama endingnya ga pernah bener, kalo enggak dibuat meninggal yak ngegantung. paling parah ending Sign. mudah2an di mr. joe enggak hahahah

      Hapus
    3. Iya, ending Sign emang bikin kesel. Udah gitu dr. Yoon percaya banget sama timnya. Coba gimana andai yang ngotopsi dia bukan timnya. Gimana kalo polisi nggak bisa nemuin kamera yang dia sembunyiin. Terlalu berisiko. Kan kasian Go Da Kyung.. T^T
      Aku juga jadinya blom mau ngikutin lagi Mr. Jo. Tunggu tamat dulu :D
      Tapi kayaknya sih endingnya beda. Scriptwriternya kan beda :)

      Hapus